Tenunan Sultra Kembali Berkibar di Indonesia Fashion Week 2024

  • Bagikan

Jakarta, sibernas.id – Tenunan khas daerah Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali ditampilkan dalam ajang Indonesia Fashion Week (IFW) 2024 yang digelar di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. Pembukaan kegiatan ini telah dilakukan pada hari Rabu, 27 Maret 2024, yang dihadiri langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Sultra akan berpartisipasi dalam dua event di ajang IFW, yakni pameran (27 – 31 Maret) dan fashion show (29 Maret). Penampilan Sultra dikoordinir langsung oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Sultra Wa Ode Munanah Asrun Lio dengan mengikutsertakan sejumlah Dekranasda Kabupaten/Kota.

Pj Gubernur Sultra Andap Budhi Revianto dijadwalkan hadir untuk menyaksikan langsung pagelaran fashion show yang menampilkan tenunan Sultra pada hari Jumat, 29 Maret 2024.

Kepala Dinas Pariwisata Sultra Belli mengatakan, Sultra telah berpartisipasi dalam ajang IFW sejak tahun 2017 silam, dengan stakeholder utama Dekranasda. Ajang ini merupakan promosi strategis bagi produk kreatif unggulan Sultra, yakni tenunan khas daerah.

“IFW merupakan wadah untuk mempromosikan kerajinan motif wastra/kain khas Sultra. Dari sini diharapkan memunculkan berbagai busana berbahan tenunan Sultra yang spektakuler dan melahirkan perancang-perancang lokal Sultra yang mampu berkiprah di ajang nasional maupun internasional,” jelas Belli dalam rilisnya, Kamis, 28 Maret 2024.

Dijelaskan, fashion Sultra berkolaborasi Asosiasi Pengusaha Perancang Mode Indonesia (APPMI) Pusat, desainer nasional dan desainer lokal yang tergabung dalam APPMI Sultra.

IFW merupakan wadah yang mempertemukan para pelaku industri mode, desainer berbakat, dan komunitas kreatif untuk merayakan kekayaan dan inovasi dalam industri mode tanah air.

IFW kali ini mengangkat tema “Langgam Jakarta Teranyam” yang hendak memberi ruang penghormatan kepada kaleidoskop budaya Betawi di IFW 2024.

Pada event fashion show yang berlangsung di Plenary Hall, JCC, Dekranasda Kabupaten Konawe Utara, Kolaka, Kolaka Timur, Konawe Selatan menampilkan busana-busana karya desainer nasional Defrico Audy.

Sedangkan Dekranasda Kabupaten Konawe akan hadir dengan menampilkan busana karya desainer lokal Julie Kaimuddin, Muna Barat (Aida Aho), Bombana (Akbar Tan), Kota Baubau (Irna Laperle), dan khusus dari Dinas Pariwisata menampilkan busana karya desainer Herman Prasetyo.

Adapun pada event pameran yang bertempat di Main Loby Area Booth No. W 53 -54, JCC, diikuti oleh Dekranasda Provinsi Sulawesi Tenggara, Konawe Utara, Buton Selatan, Kolaka, Bombana, Buton Utara, Muna Barat, Buton, dan Kota Baubau.

IFW yang merupakan event tahunan peragaan busana di Indonesia telah menjelma menjadi event berskala internasional yang didukung oleh lima kementerian dan 30 Dekranasda se-Indonesia.

IFW 2024 menjadi pagelaran yang ke-11 kalinya yang menampilkan 300 perancang busana, 18 slot pagelaran busana, 400 booth, exhibitor, talkshow, trunk-show, dan juga berbagai kuliner.

  • Bagikan