Sekda Sultra Jadi Irup Hari Perhubungan Nasional 2024

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), Asrun Lio bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2024. Upacara ini diselenggarakan pada Senin, 23 September 2024, di halaman Kantor Gubernur Sultra, sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Kesadaran Nasional yang dilaksanakan setiap tangal 17 setiap bulannya.

Acara tersebut dihadiri oleh sejumlah pimpinan lembaga, pimpinan daerah, pimpinan korporasi yang menjadi pemangku kepentingan di sektor transportasi, serta para Asisten Setda Sultra, Kepala OPD lingkup Pemprov Sultra, pejabat tinggi madya, dan pejabat tinggi pratama dari Kementerian Perhubungan dan instansi terkait lainnya.

Sekda Sultra Asrun Lio membacakan sambutan dari Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi. Dalam sambutannya, Menteri menekankan pentingnya peringatan Harhubnas sebagai momentum refleksi terhadap bakti dan kontribusi di sektor transportasi.

“Harhubnas dapat dimaknai sebagai kesempatan untuk merefleksikan kontribusi kita dalam membangun transportasi untuk bangsa dan negara,” ungkapnya.

Sesuai dengan tema Harhubnas 2024, “Transportasi Maju Nusantara Baru”, Menteri Perhubungan mengajak seluruh pemangku kepentingan sektor transportasi untuk menjaga keberlanjutan dari pencapaian yang telah diraih selama satu dekade terakhir, serta meningkatkan layanan transportasi yang terjangkau, merata, dan berkeadilan.

“Indonesia kini sejajar dengan negara-negara maju lainnya, dengan adanya transportasi modern seperti Kereta Cepat Jakarta-Bandung yang mampu melaju hingga 350 km/jam, serta teknologi angkutan tanpa masinis seperti LRT dan Autonomous Rail Rapid Transit (ART),” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Menteri Perhubungan memberikan apresiasi kepada seluruh insan transportasi yang telah berdedikasi dalam memberikan pelayanan terbaik.

“Para penjaga menara suar, penjaga perlintasan sebidang, pemandu penyeberang jalan, pengemudi, inspektur, dan semua pihak yang telah memastikan transportasi di Indonesia berlangsung aman, nyaman, dan selamat,” kata Sekda Sultra, mengutip pesan Menteri Perhubungan.

Acara ditutup dengan pesan optimisme bahwa Indonesia akan semakin terhubung, dan seluruh pencapaian serta komitmen yang diraih dalam satu dekade terakhir akan terus dilanjutkan dengan penuh integritas.

Upacara Hari Perhubungan Nasional ini juga diisi dengan penyerahan piagam penghargaan kepada purna bakti ASN lingkup perhubungan Provinsi Sulawesi Tenggara tahun 2023-2024, serta mitra-mitra sektor perhubungan.

Penyerahan piagam ini merupakan bentuk apresiasi atas dedikasi dan pengabdian mereka dalam mendukung pembangunan dan pelayanan sektor perhubungan di Sulawesi Tenggara.

Acara ditutup dengan peresmian penggunaan Kris (Kartu Rencana Isi) pada Pelabuhan Penyeberangan Kendari, yang diresmikan oleh Inspektur Upacara, Drs. Asrun Lio, M.Hum., Ph.D., didampingi pejabat terkait. Peresmian Kris di Pelabuhan Penyeberangan Kendari diharapkan dapat mempermudah layanan bagi masyarakat, khususnya dalam rute penyeberangan Kendari-Wawonii, dengan layanan yang lebih cepat, praktis, dan efisien.

  • Bagikan