Safari Ramadhan, Pj Wali Kota Kendari Bawakan Ceramah Tentang Kriteria Puasa Berkualitas

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Safari Ramadhan Pemerintah Kota Kendari malam 15 Ramadhan berlangsung di Masjid Raya Al Kautsar Kelurahan Mandonga, Rabu (5/4/2023).

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu yang membawakan ceramah Tarwih menjelaskan tentang puasa berkualitas.

Puasa berkualitas menurutnya, memiliki sejumlah kriteria yakni, niat yang ikhlas, kuat, tangguh dan kokoh serta berintegritas. Ikhsan yakni menjalankan puasa dengan optimal. Meninggalkan hal-hal yang membatalkan puasa, menjauhi hal-hal yang diharamkan oleh Allah, meninggalkan kebiasaan yang tidak bermanfaat atau berlebihan. Mempuasakan seluruh organ tubuh, pikiran, dan hati.

“Puasa melatih kita untuk selalu menaati aturan dan tanggung jawab,” ungkapnya.

Menurutnya, puasa telah mengajarkan kita untuk saling menyayangi dan meningkatkan toleransi serta menghargai perbedaan.

Selain itu, ia juga menjelaskan tentang program Kendari Bergerak yang sedang dijalankan Pemerintah Kota Kendari dengan menyasar sejumlah sektor utamanya menjaga kebersihan.

Asmawa juga mengingatkan para jamaah untuk tetap menjaga kondusifitas di lingkungan masing-masing, utamanya menjelang pemilihan umum tahun 2024. Termasuk tidak mempercayai berita hoax yang dapat memicu konflik di masyarakat.

Sebelum melaksanakan shalat Tarwih berjamaah, Pj Wali Kota Kendari menyerahkan 20 paket Al Quran pada pengurus masjid, serta bantuan uang tunai untuk marbot masjid.

 

  • Bagikan