Potret Kemeriahan HUT ke-64 Kabupaten Konawe

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Rangkaian perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-64 Kabupaten Konawe kali ini memiliki warna tersendiri, dan memberikan hiburan bagi warga setempat.

Selaku Pj Bupati Konawe, Harmin Ramba, memang ingin memberikan suasana berbeda dari perayaan-perayaan sebelumnya sehinggga bisa memberikan kesan tersendiri bagi warga dimasa ia dipercaya menjadi Pj Bupati di kampung halamannnya tersebut.

Kemeriahan rangkaian HUT terlihat sejak 28 Februari hingga 3 Maret 2024. Adapun beberapa acara yang ikut meramaikan momentum tersebut diantaranya pagelaran seni, olahraga dan pameran pembangunan, membuat suasana HUT Konawe begitu meriah.

Beberapa kegiatan cabang olahraga yang diselenggarakan diantaranya, pertandingan voli bal putra dan Putri, sepak takraw, bola basket serta bulu tangkis.

Sedangkan untuk seni meliputi, lomba pidato bahasa Tolaki tingkat sekolah, lomba gambus, tari lulo kreasi.

Pada instansi Pemerintahan, panitia mengadakan lomba kuliner, kebersihan kantor Organisasi Perangkat Daerah (OPD), lomba kebersihan kantor camat, lomba stan pameran OPD, lomba stan instansi vertikal, lomba stan usaha perbankan.

Selain event pertandingan, HUT Konawe juga diwarnai berbagai jenis kegiatan lain, diantaranya pawai dan upacara puncak HUT, dimana peserta menampilkan beberapa kreasi, tampil menggunakan baju adat tolaki dari berbagai motif dan warna, tarian khas tolaki, tarian dari berbagai etnis yang ada di Konawe, tari kolosal, antraksi dari ormas tamalaki, Adventure trail, lomba dangdut, penampilan artis papan atas, Ghea Yuobi, dan Judika.

Kegiatan HUT Konawe juga dirangkaikan dengan penyerahan bantuan rumah ibadah secara simbolis, pemberian piagam penghargaan kepada instansi yang telah berpartisipasi aktif, dalam memberikan pelayanan dan kerjasama yang baik dengan pemerintah daerah (Pemda).

Selain itu, sebagai bentuk perwujudan dari kebiasaan masyarakat suku tolaki, Harmin Ramba laksanakan ritual mosehe, dan mombesara saat HUT Konawe.

Meski terhitung baru menjalankan tugas sebagai Pj Bupati Konawe, namun Harmin Ramba telah mampu menunjukan kinerjanya, baik dalam melaksanakan instruksi pemerintah pusat, maupun kinerja terhadap pembangunan daerah kabupaten Konawe.

“Yang membantu pelaksanaan pembangunan kita selama ini, kurang lebih 150 hari saya berada dikonawe, dan Alhamdulillah didampingi Ketua dan anggota DPRD, sekda Konawe, dan seluruh kepala OPD, sehingga apa yang kita rencanakan selama kurang lebih 150 hari dapat terlaksana dengan baik,” kata Harmin Ramba saat menyampaikan sambutan di acara penutupan.

Harmin meminta dukungan semua pihak, terhadap perencanaan pembangun Kabupaten Konawe, salah satunya pembangunan Mall, dan jalan Latoma tembus Routa, dan keinginannya untuk menjadikan kabupaten Konawe sebagai Kabupaten nomor 1 di Sulawesi tenggara (Sultra), dan Konawe masa depan Indonesia.

Ditengah kemeriahan puncak acara penutupan, Harmin Ramba mengajak masyarakat untuk Bahagia.

“Jangan lupa Bahagia” pungkas Harmin Ramba.

  • Bagikan