Poltekes Edukasi pencegahan stunting warga di Pesisir Konawe

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan Kendari mengedukasi warga pesisir di Desa Bajo Indah Kecamatan Soropia Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara, untuk mencegah stunting melalui Program Pengabdian Kepada Masyarakat.

“Poltekkes Kendari mengembangkan Program Saksi yaitu sanitasi kawasan pesisir melalui pengembangan SPAL komunal dan pengelolaan sampah organik di Desa Bajo Indah sebagai upaya penanggulangan stunting di kawasan pesisir Soropia,” kata Ketua Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Poltekkes Kendari Wiralis di Kendari, Jumat (2/12/22).

Ia mengatakan, himbauan memberikan edukasi warga di desa tersebut agar memperhatikan sanitasi guna mencegah stunting atau gagal tumbuh kembang anak akibat gizi buruk.

Dijelaskan, SPAL atau Saluran Pembuangan Air Limbah merupakan sarana berupa tanah galian atau pipa dari semen atau pralon yang berfungsi untuk membuang air cucian, air bekas mandi, air kotor/bekas lainnya.

Menurutnya, saat ini Presiden Joko Widodo menjadikan penurunan kejadian stunting sebagai program nasional. Oleh karena itu, sebagai salah satu upaya yang dilakukan diminta sebagai akademisi ikut memberikan kontribusi untuk mensukseskan program tersebut.

Wiralis menjelaskan bahwa sanitasi merupakan salah satu rantai penyebab tingginya kasus stunting atau gagal tumbuh kembang anak.

“Kami melihat kawasan pesisir umumnya kurang memperhatikan sanitasi khususnya pengelolaan sampah dan air limbah, pemandangan di kawasan pesisir sampah plastik menjadi pemandangan yang umum,” ujarnya.

Wiralis menerangkan bahwa program Saksi yang digalakkan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat, membangun sikap peduli sanitasi kawasan pesisir dan menginjak-injak mengelola sampah dengan teknologi sederhana.

Ia menyebutkan program tersebut dikembangkan melalui kegiatan sosialisasi pada 40 orang masyarakat dengan tema cegah stunting dengan sanitasi yang bersih di kawasan pesisir.

Kemudian dilakukan pelatihan kader sanitasi dan pendampingan selama lima hari pada tiga kegiatan, yaitu pertama pengelolaan sampah organik rumah tangga dengan metode komposer tanam sebagai contoh dan telah dikembangkan lima buah yang dibuat di masing-masing dusun.

Kedua, pembuatan pemancingan gurita untuk mengaktifkan karang taruna dan sanitasi kader yang dikembangkan dari limbah plastik.

Ketiga, mengembangkan SPAL komunal anaerobik untuk mendaur ulang air limbah keluarga agar dapat digunakan kembali untuk kebutuhan membersihkan dan menyiram tanaman.

“Dalam pembangunan saluran pembuangan air limbah, Poltekkes Kendari bermitra dengan Poltekkes Kemenkes Surabaya,” ucap Wiralis.

Ia berharap agar masyarakat memanfaatkan teknologi sederhana yang telah diajarkan kepada kader sanitasi serta Karangtaruna sebagai agen perubahan sehingga pesisir Soropia menjadi desa bersih dari sampah.

“Kemudian kantong sampah bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan pupuk dan pembuatan pemancingan gurita serta air bisa untuk membersihkan lingkungan rumah,” kata Wiralis.

  • Bagikan