Percepat Penurunan Stunting, BKKBN Sultra Gelar Pemberdayaan Kelompok Masyarakat di Kampung KB Tingkat Kabupaten Kolaka 

  • Bagikan

Kolaka, sibernas.id – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar kegiatan Pemberdayaan Kelompok Masyarakat di Kampung Keluarga Berkualitas (KB) dalam rangka percepatan penurunan stunting di Tingkat Kabupaten Kolaka, bertempat di Kantor Kelurahan Tahoa Kecamatan Kolaka, Kamis (31/8).

Mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Sultra, Ketua Tim Kerja Adminwas Perwakilan BKKBN Provinsi Sultra, Saidah dalam sambutannya mengatakan, Presiden RI melalui Perpres 72 mengamanatkan kita untuk bersama-sama menurunkan stunting, dimana Sultra berada diangka 27,7%, di mana target tahun 2024 berada dibawah angka 14%.

“Sedangkan Kabupaten Kolaka saat ini berada di angka 22,6% dan Kelurahan Tahoa menjadi uji petik atau percontohan di tahun 2023,”katanya.

Sementara itu, Kadis P2KB Kabupaten Kolaka Amry saat membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya mengatakan, persoalan stunting merupakan persoalan bersama, olehnya itu pemerintah tidak akan berhasil mengakselerasikan penurunan stunting tanpa didukung oleh kerjasama berbagai pihak.

Ia mengatakan, kegiatan pemberdayaan ini sangat penting dilakukan karena sebenarnya masyarakat di tingkat kampung memiliki potensi untuk berkembang menjadi mandiri.

“Di dalam kampung berkualitas, seluruh keluarga harus diberdayakan agar mereka tumbuh dan berkembang menjadi mumpuni baik dari segi kesehatan maupun ekonomi demi pembangunan daerah,” katanya.

Menurut Amry, pendekatan melalui kampung keluarga berkualitas ini dengan cara memberikan pengetahuan, pemahaman dan diberdayakan secara baik dan maksimal kepada setiap keluarga, sehingga setiap keluarga mampu menggali dan mengembangkan potensi-potensi daerah untuk pemenuhan asupan gizi.

Guna mencapai pemenuhan pendekatan tersebut, maka kata dia, dibutuhkan kolaborasi dan kerja secara penta helix dari setiap pihak baik dari masyarakat, lembaga-lembaga terkait maupun pemerintah. Sehingga, maksud dan tujuan dari upaya tersebut bisa tercapai secara baik dan maksimal.

Sasaran kegiatan pemberdayaan kelompok masyarakat di kampung KB Tingkat Kabupaten Kolaka yaitu Kader DASHAT, Pokja Kampung KB, kader rumah data, Babinsa/ Bhabinkamtibmas dan keluarga beresiko stunting.

Sedangkan Narasumber dari Ketua Pokja IV PKK Kabupaten Kolaka, Ibu Yosita Abadi, S.Tr.Keb.

  • Bagikan