Pengamanan Polda Sultra Mulai Bertugas di Objek Vital Nasional PT. Antam UBPN Konut

  • Bagikan
Saat personel lakukan pengamanan di Objek Vital Nasional PT. Antam UBPN Konut

Konut, sibernas.id – Pada 1 Januari 2023, Personel Kepolisian Daerah (Polda) Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai ditugaskan untuk pengamanan Objek Vital Nasional PT. Antam Tbk UBPN Konawe Utara (Konut).

Hal tersebut, untuk menindaklanjuti atas penandatangan Nota Kesepahaman dan Pedoman Kerja Teknis antara PT. Antam Tbk dengan Polda Sultra tentang Pengamanan Obyek Vital Nasional PT. Antam Tbk UBPN Konut.

Adapun personil yang tugaskan, yakni unsur Pamobvit Polda Sultra, Brimob Polda Sultra, Ditkrimsus Polda Sultra dan Ditkrimum Polda Sultra serta dari unsur Polres Konut.

General Manager UBPN Konawe Utara, Hendra Wijayanto, dalam arahannya kepada seluruh jajaran personil keamanan yang ditugaskan di Objek Vital Nasional PT Antam UBPN Konut, menyampaikan bahwa, saat ini PT. Antam UBPN Konut baru saja mendapatkan penetapan sebagai Obyek Vital Nasional.

Penetapan ini termuat dalam Keputusan Menteri (KEPMEN) ESDM nomor 270.K/HK.02/MEM.S/2022 tentang Perubahan ketiga atas Keputusan Menteri ESDM nomor 77 K/90/MEMILIKI/2019 tentang Objek Vital Nasional bidang energi dan sumber daya mineral.

Lebih lanjutnya, PT. Antam baru saja menandatangani MoU dan PKT dengan Polda Sultra yang diharapkan dengan kerjasama ini, kita dapat bersinergi dalam mengamankan asset negara yang dimiliki PT Antam Tbk.

Seperti diketahui, bahwa kondisi saat ini masih terjadi aktivitas illegal mining di wilayah IUP PT Antam, dan diharapkan dengan hadirnya bantuan pengamanan dari Polda Sultra, aktivitas illegal mining dapat dihentikan, sehingga kerugian negara tidak terjadi lagi.

“Kita semua yang bergabung di PT Antam Tbk UBPN Konut mengemban amanah negara dan bertugas mengamankan asset negara dari aktifitas illegal mining yang merugikan negara. Sekali lagi, terima kasih kepada Kapolda Sultra yang telah mengirimkan personil pengamanan untuk mengamankan Obyek Vital Nasional, semoga dengan adanya tambahan personil pengamanan dari Polda Sultra ini, maka diharapkan tidak ada lagi kegiatan illegal mining di wilayah IUP PT. Antam Tbk UBPN Konut,” tegasnya.

Selain tenaga pamobvitnas polda sultra, Antam juga telah menambah jumlah tenaga keamanan sipil dan fasilitas patrolinya dalam rangka menjaga aset negara di Objek Vital Nasional di dalam IUP PT. Antam di Konawe Utara.

Setelah melaksanakan apel pagi General Manager UBPN Konut Hendra Wijayanto bersama Bussiness Support Senior Manager, Muhammad Rusdan dan GA, ER & CSR Manager Umar Yahya didampingi tim pengamanan, memimpin langsung melakukan patroli pengamanan di wilayah IUP PT Antam sekaligus melakukan pengecekan pos-pos dan portal penjagaan yang telah ditempatkan oleh personil pengamanan Polda Sultra dan Tim Pengamanan PT. Antam Tbk UBPN Konut. Dalam kegiatan patroli dan monitoring, terpantau tidak ditemukan adanya aktivitas illegal mining di wilayah IUP PT Antam UBPN Konut.

  • Bagikan