Pemkot Kendari Evaluasi Penyelenggaraan Kota Sehat 2023

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melaksanakan evaluasi penyelenggaraan kota sehat tahun 2023 yang berlangsung di Media Center Rujab Wali Kota Kendari, Kamis (11/05/2023).

Ketua tim pembina kota sehat Cornelius Padang menyampaikan bahwa, saat ini Kota Kendari dalam fase penilaian kota sehat tingkat provinsi.

Sementara itu untuk penilaian di Kota Kendari, penilai tingkat provinsi menyatakan bahwa Kota Kendari lolos tahap verifikasi.

Kata dia, meski lolos verifikasi di tingkat provinsi, namun data tersebut masih terdapat kekurangan, sehingga Pemerintah Kota Kendari kembali berupaya agar ketika penilaian di tingkat nasional kekurangan data tersebut telah diperbaiki.

“Sebenarnya data yang kita sampaikan masih banyak hal-hal yang perlu kita lakukan pembenahan, kaitan dengan persiapan dilakukannya verifikasi, nah beberapa tatanan yang belum maksimal dan langkah-langkah yang akan kita lakukan terkait verifikasi lapangan yang akan dilakukan oleh tim penilai pusat,”jelasnya.

Selanjutnya Ketua Forum Kota Sehat Siti Chomzah Asmawa mengatakan, berdasarkan hasil self assesment terdapat beberapa tatanan yang masih di bawah 91 persen.

Sementara untuk tatanan pendidikan dan penanggulangan bencana berada di angka capaian 100 persen.

“Kita masih berharap dinas-dinas lain yang belum lengkap dokumennya agar melengkapi dokumen tersebut yang nantinya bisa kita jadikan bahan kelengkapan ketika ada penilaian di bulan Juni atau Juli, dimana akan ada verifikasi lapangan yang kemungkinan akan dilaksanakan secara online,” jelasnya.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Kendari drg. Rahminingrum berharap agar beberapa tatanan yang masih dibawah 91 persen dapat dioptimalkan Jelang verifikasi lapangan nantinya.

“Kami Dinas Kesehatan dan Bappeda sangat yakin bahwa, OPD penanggung jawab tatanan tersebut bisa memaksimalkan sampai kita nanti verifikasi lapangan,” harapnya.

 

  • Bagikan