Pemkab Konsel Sepakat Shalat Iduladha Dipusatkan di Mesjid Agung Andoolo

  • Bagikan

Konsel, sibernas.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) menggelar rapat persiapan Shalat Iduladha 1444 Hijriah dan Pemotongan Hewan Qurban.

Rapat dipimpin langsung Asisten I Drs. H. Amran dengan melibatkan peserta Kepala Departemen Agama Konsel Drs Joko, Staff Ahli Armansyah, Kabag Kesra Hamlin S Ode Makka serta pihak Dinas Peternakan, Dokter Hewan, MUI, Camat Andoolo serta Lurah Potoro.

Dikesempatan itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setkab Konsel Amran Aras mengatakan, penetapan pelaksanaan Shalat Iduladha 1444 Hijriah jatuh di akhir bulan Juni 2023.

“Sebagaimana hasil sidang isbat Kementerian Agama Ri jatuh pada hari Kamis, 29 Juni 2023 dan Pemkab Konsel secara otomatis mengikuti keputusan pemerintah pusat, kemungkinan besar terjadi perbedaan dgn teman-teman Muhammadiyah dan semoga perbedaan waktu penetapan merupakan rahmat untuk kita semua,” ungkap Amran.

Amran menjelaskan, Shalat Iduladha akan dipusatkan di Masjid Agung Andoolo sebagaimana hasil keputusan rapat tersebut.

“Tempat pelaksanan Shalat Iduladha ditingkat kabupaten dipusatkan di Mesjid Agung Andoolo, Kabupaten Konsel perubahan nama Masjid Al Imran sebelumnya,” ungkapnya.

Sementara untuk hewan qurban yang akan di sembelih, Amran menegaskan, agar seyogyanya terjamin kesehatannya dan wajib memiliki surat keterangan kesehatan hewan yang diterbitkan oleh dokter hewan melalui Dinas Peternakan Konsel.

“Bagi jamaah yang akan berqurban hendaknya tidak mengumpulkan penerima, untuk memuliakan dan menghargai penerima hendaknya diantarkan kerumah-rumah yang bersangkutan sebagai calon penerima,” pungkasnya.

  • Bagikan