Pemkab Kolut Berhasil Turunkan Angka Stunting 3,22 Persen

  • Bagikan

Kolut, sibernas.id – Penjabat (Pj) Bupati Kolaka Utara (Kolut) Parinringi, memaparkan Hasil Pencapaian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolut dalam rangka penurunan angka Stunting pada acara Penilaian Kinerja Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang dilaksanakan di Hotel Zahra, Kendari (31/5).

Dalam paparannya, Pj Bupati Kolut Parinringi mengatakan, pemerintah daerah terus berupaya untuk menurunkan angka Stunting di Kabupaten Kolut dengan membuat beberapa program yang melibatkan beberapa Organisasi Peringkat Daerah (OPD).

“Beberapa inovasi yang dibuat diantaranya, ANJELIN MIDUN (Antar Jemput Ibu Bersalin Mitra Dukun), BEL BUMIL RESTI (Bel Ibu Hamil Resiko Tinggi) dan SILAKU O2T (Sistem Layanan Adminduk Kolaka Utara : Offline, Online Terintegrasi),”ungkapnya.

Melalui beberapa program yang di buat tersebut, lanjut dia, berdasarkan Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) angka Stunting di Kabupaten Kolut pada tahun 2021 sebesar 29,1% menjadi 24,8% pada Tahun 2022, atau turun sebesar 4,3%.

“Sedangkan berdasarkan angka prevelensi Stunting menurut Elektronik Pelaporan  Pencatatan Gizi Berbasis Masyarakat (EPPGBM) Kabupaten Kolut pada tahun 2021  sebesar 8,78% menjadi 5,56 % pada tahun 2023, atau turun sebesar 3,22%,”tutupnya.

  • Bagikan