Pasca Bencana Alam, Kota Kendari Dapat Perhatian dari BNPB RI

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu bersama sejumlah kepala OPD Lingkup Kota Kendari, Minggu (19/03/2023), mendampingi Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB RI, Mayjen TNI Fajar Setyawan meninjau dan melakukan verifikasi lapangan pasca bencana alam (hidrometeorologi) di Kota Kendari.

Bencana hidrometeorologi yang terjadi di Kota Kendari, Minggu (05/03/2023) tersebut, mendapat perhatian langsung dari BNPB RI karena respon cepat Pj. Wali Kota Kendari yang menghadap langsung Kepala BNPB Pusat.

Mayjen TNI Fajar Setyawan yang menyampaikan bahwa, tujuan tim BNPB hadir di Kota Kendari adalah untuk melihat kondisi secara langsung dampak bencana hidrometeorologi basah yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Kami mendapat tugas dari Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto untuk melihat secara langsung bencana puting beliung yang terjadi tanggal 5 Maret lalu, di situ ada korban jiwa 1, juga pak Pj wali kota sudah menghadap langsung kepala BNPB untuk memohon penanganan, disamping itu kita datang langsung untuk melakukan penanganan berupa dana siap pakai untuk operasional petugas di lapangan, karena tidak ada pengungsi sehingga menggunakan dana operasional siap pakai,” ujarnya.

Selain melihat dampak bencana hidrometeorologi yang menyebabkan kerusakan rumah warga, kedatangannya juga untuk meninjau lahan pertanian.

“Lahan pertanian yang dimungkinkan rusak karena banjir itu juga akan dirapatkan di tingkat menteri seperti apa skema bantuan kepada petani yang akan disalurkan, sehingga petani nanti tidak menderita,” terangnya.

Sementara itu Pj Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu, menyambut baik dan memberikan apresiasi kepada BNPB yang memberikan respon dengan mengunjungi langsung Kota Kendari, pasca dirinya bertemu Kepala BNPB Pusat.

“Ini merupakan tindak lanjut kunjungan kami kepada Kepala BNPB RI bersama Kepala Pelaksana BPBD Kota Kendari pada hari Jumat 17 Maret lalu,” ungkapnya.

Ia berharap, pemerintah pusat melalui BNPB dapat mengalokasikan anggaran kepada Pemerintah Kota Kendari, baik itu sifatnya rehabilitasi ataupun rekonstruksi rumah yang terdampak bencana angin kencang beberapa waktu lalu.

“Mudah-mudahan besok pak Deputi menyerahkan bantuannya kepada Pemerintah Kota Kendari untuk disalurkan kepada korban yang terdampak bencana hidrometeorologi atau angin puting beliung, kita tunggu saja perkembangan selanjutnya,” harapnya.

Kunjungan Kerja Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB dilanjutkan dengan rapat koordinasi bersama unsur Forkopimda, Kepala OPD teknis terkait Pemkot Kendari dan Kepala BPBD Provinsi Sulawesi Tenggara, Dinas Pertanian Sultra yang berlangsung secara offline dan online (zoom) di Aula Merah Putih Rujab Gubernur Sultra.

  • Bagikan