Objek Wisata Andalan, Pemkot Gencar Promosikan Pantai Nambo

  • Bagikan
Pantai Nambo

Kendari, Sibernas.id – Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara, gencar melakukan promosi terhadap keindahan dan keunikan objek wisata Pantai Nambo.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, mengatakan mengatakan promosi dilakukan melalui berbagai kegiatan dan pameran yang diikuti Kota Kendari, baik skala daerah maupun skala nasional.

“Objek wisata ini memiliki keindahan dan daya tarik tersendiri, sehingga diharapkan bisa menarik minat para wisatawan yang berkunjung ke daerah ini. Dengan demikian, keberadaan objek wisata ini bisa mendatangkan PAD yang besar terhadap daerah,” kata Ridwansyah.

Dia mengatakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan sebagai wujud promosi untuk menggaet wisatawan adalah mengggelar Festival Pantai Nambo yang dilakukan setiap tahun.

Pintu Gerbang Objek Wisata Pantai Nambo

“Festival Pantai Nambo tahun ini kami menargetkan bisa menggaet 10 ribu pengunjung, sehingga kami persiapkan sebaik mungkin berbagai kegiatan yang dapat menarik minat wisatawan,” katanya.

Menurut dia, Pantai Nambo diminati banyak pengunjung karena letaknya yang relatif dekat dari pusat kota, sehingga tamu dari luar daerah yang berkunjung ke Kendari selalu menyempatkan waktu untuk ke tempat itu.

“Atau sekitar 15 menit dari pusat Kantor Wali Kota Kendari menuju ke daerah itu dengan menggunakan kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat. Selain itu, bisa pula menggunakan perahu tradisional Katinting sekitar 15 menit dari Pelabuhan Kendari menyusuri pantai Teluk Kendari,” katanya.

Pantai Nambo, kata Alamsyah, memiliki pasir putih yang landai, suasana yang tenang, udara yang sejuk, dan panorama yang menarik.

“Kondisi itulah yang membuat tempat ini selalu merupakan pilihan masyarakat Kota Kendari untuk melepas kejenuhan dan rutinitas sehari-hari pada akhir pekan,” katanya.

Fasilitas gasebo di objek Wisata Pantai nambo

Keistimewaan Pantai Nambo adalah pantai yang memiliki hamparan pasir putih yang membentang kurang lebih 300 meter dengan air yang jernih dan ombak yang tenang. Kondisi alam Pantai Nambo menjadikan wisatawan leluasa melakukan sejumlah aktivitas di pantai ini. Wisatawan dapat berenang, menyelam, atau naik perahu yang tersedia di kawasan ini.

Aktivitas lain yang dapat dilakukan, seperti memancing atau sekedar melihat pemandangan di sekitar pantai. Selain memiliki pemandangan pantai yang indah, Pantai Nambo juga dilengkapi dengan gazebo yang dibuat seperti beranda rumah adat.

Wisatawan dapat menikmati semilirnya angin pantai sambil duduk-duduk di gazebo. Pantai Nambo juga menjadi lokasi Festival Nambo yang bertujuan untuk mempromosikan Pantai Nambo sebagai tempat wisata dan budaya Kota Kendari.  Fasilitas tempat wisata ini berupa area parkir yang luas, papan penunjuk arah, panggung pertunjukkan, dan gedung pertemuan.

Jarak tempuh Pantai Nambo dengan pusat Kota Kendari sekitar 16 kilometer dengan waktu tempuh 31 menit. Perjalanan menuju Pantai Nambo dari Kota Kendari akan melewati Jalan Jenderal AH Nasution, Jalan Bunggasi, Jalan H Banawula Sin Apoy, Jalan Abeli, Jalan Garuda, dan tiba Pantai Nambo. Untuk masuk Pantai Nambo, hanya tersedia satu pintu gerbang saja. Namun, pengelola menyediakan pintu keluar khusus yang dibuka saat pengunjung membludak. Hal ini dilakukan untuk menghindari macet.

Pantai Nambo Kendari

Dukungan Media

Pemerintah Kota Kendari, juga berharap media ikut mempopulerkan potensi pariwisata daerah itu, dalam rangka mendukung upaya meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD).

“Untuk Tahun Anggaran 2024 ini, pemerintah daerah menjalin kerja sama dengan media daring (online),” kata Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup, di Kendari.

Ia berharap kerja sama itu dapat efektif dalam mempublikasikan seluruh kegiatan pemerintah daerah, khususnya mengangkat bahkan mempopulerkan potensi pariwisata yang dimiliki.

“Pemerintah daerah sangat memerlukan dukungan tersebut. Sebab misi kita adalah daerah dapat dikenal luas, peluang makro ekonomi melalui investasi dapat terbuka lebar, dan berdampak pada peningkatan PAD,” katanya.

 

  • Bagikan