Menebar Salam KB dan Genre di Sombu Dive dan Bukit Toliamba

  • Bagikan

Wakatobi, Sibernas.id – Salam KB adalah salam Keluarga Berencana dan salam genre adalah salam generasi berencana. Kedua salam tersebut sengaja ditebarkan oleh rombongan tersebut dengan tujuan agar tidak ada satupun “wilayah baru” di Kabupaten Wakatobi yang tidak tersentuh oleh program KB.

Tepatnya pada Selasa (23/7/24), sekira 150-an orang yang terdiri dari remaja genre, para kader KB, Penyuluh KB, dan ASN lingkup Dinas Pengendalian Penduduk dan Kekuarga Berencana (DPPKB) Kabupaten Wakatobi serta 12 Aparatur Sipil Negara (ASN) Perwakilan BKKBN Sultra, melaksanakan kegiatan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) dengan cara yang unik, yakni menebarkan salam KB dan Salam Genre di 2 lokasi pariwisata terbaru di Wakatobi.

Kepala Dinas PPKB Wakatobi, Safiudin, disela-sela kunjungannya di Sombu Dive dan Bukit Toliamba, menyampaikan Sombu Dive merupakan terminal menyelam terbaru yang ada di Kec. Wangi-Wangi yang terletak di jalan poros menuju Bandara Matahora.

“Sedangkan Bukit Toliamba merupakan bukit buatan dengan bentuk jalan melingkar atau sejenis tangga melingkar berukuran besar. Bukit ini sengaja dibuat agar masyarakat bisa menikmati view atau pemandangan yang indah tanpa harus mendaki gunung melalui hutan-hutan seperti pada umumnya,’ kata Safiuddin.

Selain itu “tangga atau jalanan melingkar” tersebut sengaja dibuat memanjang dan landai sehingga jika kita berjalan naik/menanjak tidak terasa seperti mendaki. Rasanya seperti berjalan di daratan yang rata. Apalagi jika berjalan bersama rombongan, sambil cerita dan melihat-lihat view ke kanan ke kiri tanpa terasa tahu-tahu sudah sampai. Padahal jarak tempunya diperkirakan lebih 1 km.

Di setiap tikungan di bukit toliamba juga terdapat cafe mini dan toilet. Pada salahsatu tikungan bahkan terdapat mushalah yang disediakan bagi kaum muslimin yang hendak menunaikan shalat.

Rombongan BKKBN yang dipimpin Kadis PPKB Wakatobi yang didampingi Mustakim mewakili Kepala Perwakilan BKKBN Prov. Sultra tersebut merasa puas dan sangat berkesan dengan kunjungan yang merupakan rangkaian kegiatan orientasi program bangga kencana dan Percepatan Penurunan Stunting yang dilaksanakan oleh Tim Kerja Ketahanan Keluarga dan Pencegahan Stunting Perwakilan BKKBN Prov. Sultra.

Kegiatan KIE dalam wujud salam ini dianalogikan sebagai lambang perkenalan. Salam adalah kalimat yang sangat mulia dan utama dalam setiap berkenalan, termasuk bagi 2 komunitas yang ingin saling memperkenalkan diri satu sama lain seperti komunitas pariwisata pada Sombu Dive dan Bukit Toliamba dengan komunitas Keluarga Berencana (KB) dan komunitas Generasi Berencana (genre) di Kabupaten Wakatobi yang merupakan salahsatu destinasi wisata nasional di Indonesia.

Kegiatan yang dilakukan oleh komunitas KB dan Genre tersebut disamping bentuk dukungan terhadap pariwisata Wakatobi juga turut memromosikan Sombu Dive dan Bukit Toliamba sebagai 2 tempat wisata baru yang berbeda dengan sebelumnya. Terumbu karang di dalam laut sekitaran Sombu Dive juga sangat indah yang sekaligus menguatkan Wakatobi sebagai “Segi Tiga Karang Dunia”.

Penulis: Mustakim
  • Bagikan