Masyarakat Pulau Cempedak Cari Solusi ke Pemprov Sultra Dampak Arus Ombak Saat Dilewati Kapal Cepat

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diwakili oleh Dinas Perhubungan Sultra dengan Polairud Polda Sultra serta Lanal Kendari menggelar rapat bersama dengan masyarakat Pulau Cempedak, Kecamatan Laonti, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) di ruang pola Kantor Gubernur Sultra, Rabu (24/4/2024).

Rapat dipimpin oleh Kepala Dinas Perhubungan Sultra Muhammad Rajulan, didampingi oleh pihak Polres dan pihak Lanal dengan peserta para stakeholder yang terkait seperti Dinas Lingkungan Hidup, Badan Penanggulangan Bencana Daerah, Syahbandar otoritas pelabuhan, Distrik Navigasi type A kelas III, Kepala Desa Cempedak dan Desa Ulu Sawa serta para pimpinan usaha pelayaran.

Pada rapat terlaksana sangat alot dengan menampung masukan dan usulan terkait dampak arus ombak yang ditimbulkan oleh High speed craft (kapal cepat) yang dapat mengakibatkan terganggunya UMKM tambak serta tergerusnya daratan pesisir mencapai kuburan massal masyarakat dua desa tersebut.

Dikesempatan itu, Kadishub Sultra Muhammad Rajulan menanggapi beberapa masukkan antara lain, menekankan para pengusaha kapal untuk menurunkan kecepatan laju saat melewati Selat Cempedak.

Selain itu, dia juga menawarkan agar menggunakan dana dari CSR perusahaan pelayaran untuk membangun tanggul atau pemecah ombak.

Menanggapi yang disampaikan, Kepala Desa Cempedak mengusulkan agar semua perusahaan pelayaran agar merubah jalur pelayarannya ke tempat lain.

Alotnya rapat ini, juga melibatkan Dinas Lingkungan Hidup serta Distrik Navigasi yang masing-masing menyampaikan pendapat dan saran untuk dicarikan solusi, agar semua pihak dapat menerima dan tidak ada pihak yang dirugikan.

Sementara itu, Kepala KSOP Kelas II Kendari Capt Raman, menyampaikan terkait laporan uji coba kecepatan kapal jenis high speedcraft di perairan Pulau Cempedak, dengan 10 Knot masih berdampak gelombang yang masih dapat mengancam kuburan massal di Pulau Cempedak tersebut.

Lanjut dia menyampaikan bahwa Spesifikasi kapal high speed craft yakni konstruksi bangunan rata-rata terbuat dari fiberglass (serat plastik), lambung monohull (lambung tunggal), tinggi gelombang yang dipersyaratkan tidak lebih dari 2 meter dan pelarangan berlayar pada malam hari dan cuaca buruk.

Hal tersebut ditanggapi langsung oleh Kepala Desa Cempedak bahwa tinggi gelombang yang dipersyaratkan berpotensi menggerus daratan yang ditempati kuburan desa, sehingga Kepala Desa tersebut bersikeras agar jalur pelayaran kapal cepat dapat dialihkan.

Ditempat yang sama, Wakapolres Konsel dalam pemaparan materi mengatakan peran Polri dalam menyikapi permasalahan alur pelayaran di perairan Pulau Cempedak Kecamatan Laonti bahwa langkah-langkah yang telah dilakukan Polres Konsel guna mengantisipasi terjadinya konflik yakni Pertama, menghimbau masyarakat Desa Cempedak Kecamatan Laonti Kabupaten Konsel untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum.

Kedua melakukan pendekatan secara persuasif terhadap, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh agama dan tokoh pemuda secara bersama menjaga situasi Kamtibmas tetap kondusif, dan Ketiga monitoring dan pengamanan diseputaran Desa Cempedak guna terciptanya situasi yang kondusif.

Selain itu, rekomendasi dari Wakapolres Konsel yakni pertama perlunya penanganan terhadap permasalahan tersebut dengan melibatkan stakeholder demi kelangsungan kehidupan nelayan khususnya masyarakat Desa Cempedak.

Kedua perlunya menjaga kelestarian lingkungan pantai dari abrasi yang disebabkan oleh gelombang kapal saat melintas dan Ketiga perlunya menjaga keselamatan jiwa masyarakat desa cempedak, sampai saat ini rapat tersebut masih berlangsung alot dengan banyaknya masukan/saran yang disampaikan berbagai pihak yang hadir.

  • Bagikan