Lepas Kontingan Jambore Nasional, Wali Kota Kendari Minta Jaga Nama Baik Daerah

  • Bagikan

Kendari, Sbernas.id – Wali Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), H Sulkarnain kadir, melepas secara resmi keberangkatan kontingen pramuka penggalang Kota Kendari untuk mengiuti Jambiore Nasional (Jamnas) tahun 2022 di Cibubur, bertempat di Rujab wali kota, Rabu (10/8/22).

Kontingen Jamnas Kota Kendari yang dilepas tersebut berjumlah 16 orang penggalang yang akan mengikuti rangkaian Jambore Nasional selama 11 hari yakni 12 Agustus sampai 22 Agustus 2022 di Bumi Perkemahan Cibubur.

“Alhamdulillah, hari ini saya melepas keberangkatan 16 pramuka penggalang yang akan menjadi duta Kota kendari pada kegiatan Jambore Nasional di Cibubur,” kata Sulkarnain.

Sulkarnain mengharapkan 16 peserta Jambore ini mampu memanfaatkan dengan baik momentum tersebut dan menjaga nama baik daerah selama dalam kegiatan.

“Begitu banyak penggalang kita di Kota Kendari. Tapi merekalah yang terpilih kemudian mewakili Kota Kendari. Karena itu, manfaatkan moment ini dan jadilah duta Kota Kendari pada ajang tersebut,” kata Sulkarnain.

Wali kota menyebut bahwa 16 pramuka penggalang ini terpilih tersebut, setelah melalui seleksi yang berlangsung cukup panjang.

“Ke 16 anggota pramuka Kota Kendari yanfg terpilih ini, sebelumnya telah mengikuti Jambore Cabang dan Jambore tingkat Daerah di Kabupaten Muna,” kata wali kota yang merupakan Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) Gerakan Pramuka Kota kendari ini.

Pelepasan kontingen Kota Kendari ditandai dengan penyerahan bendera kontingen dan pemasangan jaket pada perwakilan pendamping dan perwakilan peserta.

Untuk Diketahui, Kwartir Nasional (Kwarnas) Gerakan Pramuka akan mengadakan Jambore Nasional XI Tahun 2022 di Cibubur, Jawa Barat pada 14-21 Agustus 2022 mendatang. Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka Budi Waseso mengatakan, jambore rencananya akan dibuka oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin karena Presiden Joko Widodo berhalangan hadir

“Tadinya yang kita harapkan adalah yang membuka itu adalah Pak Presiden, namun karena kesibukan beliau, jadi beliau menyerahkan pembukaan ini kepada Wakil Presiden,” kata Buwas, sapaan Budi, di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (12/8/2022).

Akan tetapi, menurut Buwas, Jokowi telah berjanji untuk menengok dan melihat kegiatan Jambore Nasional di sela-sela kesibukannya.

“Waktunya nanti tergantung pada saat beliau punya waktu, yang pasti ke sana,” ujar Buwas.

Buwas menuturkan, jambore kali ini akan diikuti oleh 11.000 peserta dari seluruh Indonesia di mana setiap kwartir cabang mengirim 1 regu putra dan 1 regu putri masing-masing terdiri dari 4 orang, ditambah pembina dan pembimbing.(ADV)

  • Bagikan