Lepas Jamaah Calon Haji, Sekab Koltim: Jaga Kekompakan dan Kondisi

  • Bagikan

Koltim, sibernas.id – Sekretaris Kabupaten (Sekab) Kolaka Timur (Koltim), Andi Muh Iqbal Tongasa resmi melepas Jamaah Calon Haji (JCH) Koltim Tahun 1444 H/2023 M, di Aula Pemkab Koltim, Senin (5/6).

Kegiatan tersebut turut hadir, Kepala Kemenag Koltim H Muhammad Kadir Azis Al Yafie, dari Polres Koltim, Danramil Tirawuta, kepala OPD, dan JCH asal Koltim.

Dalam kesempatan itu, Sekab Koltim Andi Muh Iqbal Tongasa mewanti-wanti seluruh JCH Koltim yang berjumlah 228 ini, untuk selalu menjaga kekompakan serta kondisi fisik agar tetap prima dalam menjalankan rukun Islam yang kelima ini.

“JCH ini, mereka inilah yang terpilih dan diberkahi Allah SWT untuk berangkat berhaji, karena semua umat Islam punya keinginan dan kemampuan untuk berangkat, tapi merekalah yang terpilih. Jadi harus disyukuri dan laksanakan dengan baik. Kita berangkat nanti, hanya semata-mata mencari ridho Allah SWT. Mari luruskan niat, jaga kekompakan bahwa kita sama-sama dari Kolaka Timur, hilangkan perbedaan, saling menolong dan sebagainya. Pokoknya persiapkan dengan baik kebutuhan haji ini,” pintanya.

Kemudian, tambah dia, bawalah barang sesuai dengan kemampuan dan yang dibolehkan. Utamakan beribadah untuk meraih haji mabrur, dan semuanya kembali dalam keadaan sehat wal afiat.

Sementara itu, Kepala Kemenag Koltim dalam laporannya, dari total 228 orang ini, merupakan jamaah terbesar sejak Koltim terbentuk. Dan masuk terbesar ketiga di sultra setelah Kota Kendari dan Kabupaten Kolaka.

Ia merinci, dari 228 ini, sudah termasuk 9 prioritas lansia. Dan, 49 tambahan kuota haji dari total delapan ribu tambahan secara nasional.

Nantinya lanjut dia, ke-228 jamaah ini, akan diterbangkan menggunakan tiga kelompok terbang (kloter). Pertama kloter menggunakan Kloter 30 untuk 121 orang, akan berangkat dari Koltim Tanggal 12 juni, lalu diterima di Embarkasi Makassar Pada Tanggal 13 Juni. Kemudian diberangkatkan ke Jeddah Arab Saudi, pada Tanggal 14 Juni.

Selanjutnya, kloter kedua, yakni Kloter 31 untuk 58 jamaah kita, yang merupakan gabungan jamaah dari Sulawesi Selatan, akan berangkat dari Koltim Tanggal 13 juni, lalu diterima di Embarkasi Makassar Pada Tanggal 14 Juni. Kemudian diberangkatkan ke Jeddah Arab Saudi, pada Tanggal 15 Juni,” bebernya.

Terakhir sebutnya, untuk 49 jamaah yang merupakan kuota tambahan, akan bergabung di Kloter 42 bersama jamaah tambahan lain se-Sultra. Mereka akan berangkat dari Koltim Tanggal 19 juni, lalu diterima di Embarkasi Makassar Pada Tanggal 20 Juni. Kemudian diberangkatkan ke Jeddah Arab Saudi, pada Tanggal 21 Juni.

  • Bagikan