Ketua DPRD Kota Kendari Hadiri Launching Program Siskamling Pemkot Kendari

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPRD) Kota Kendari H. Subhan hadiri launching program sistem keamanan lingkungan (Siskamling) Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, yang dirangkaikan dengan apel gabungan ASN Lingkup Pemkot Kendari, bertempat di Lapangan Eks MTQ Kendari, Selasa (2/7/2024).

Program Siskamling tersebut dilaunching langsung Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup.

Dalam sambutannya, Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengatakan program Siskamling di zaman milenial sekarang ini sudah mulai tersingkirkan hampir di seluruh Indonesia.

“Kegiatan Siskamling ini sudah terabaikan namun juga kita tidak bisa menutup mata di beberapa daerah di Indonesia juga masih melaksanakan kegiatan. Oleh karena itu pada pagi hari ini Pemerintah Kota Kendari mencanangkan program Siskamling,” ujarnya.

Dia mengatakan, keamanan dan ketertiban adalah investasi yang merupakan tanggung jawab bersama dan pada hakekatnya membutuhkan sinergi seluruh komponen masyarakat dan pemerintah untuk bersatu dan bekerja sama mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat.

Apalagi menjelang pesta demokrasi pemilihan kepala daerah, menjaga keamanan dan ketertiban bukan hanya menjadi tanggung jawab aparat keamanan dan penegak hukum.

Mengingat jumlah aparat keamanan dan penegak hukum sangat terbatas, oleh karena itu dukungan dari masyarakat utamanya penyelenggara pemerintahan hingga tingkat paling bawah yaitu RT dan RW sangat dibutuhkan peran sertanya dalam rangka menjaga kondusivitas wilayah.

“Dan sudah seharusnya keamanan di tiap wilayah yang menjadi tanggung jawab masing-masing masyarakat yang menempatinya,”katanya.

Lanjut ia menyampaikan, bahwa langkah untuk menjaga lingkungan agar tetap aman dan tertib adalah dengan cara menghidupkan kembali sistem Siskamling di lingkungan masing-masing.

“Saya mengajak kepada kita semua tokoh masyarakat utamanya tokoh pemuda, tokoh agama, karang taruna, perangkat Kelurahan dan seluruh komponen masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan program Siskamling ini,” ajaknya.

  • Bagikan