Kakanwil Kemenag Sultra Apresiasi 54 Siswa MAN 1 Kendari Dinyatakan Lolos SNBP Tahun 2024

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Sebanyak 54 siswa MAN 1 Kendari dinyatakan berhasil diterima di Universitas ternama di Indonesia. Hal ini diketahui melalui hasil pengumuman Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP) Tahun 2024, Rabu (27/3/2024).

SNBP merupakan jalur seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Seleksi ini didasarkan pada hasil penelusuran prestasi akademik berdasarkan nilai rapor serta prestasi akademik dan nonakademik lainnya, sehingga hanya siswa yang dinyatakan eligible (memenuhi syarat) yang berhak mendaftarkan diri melalui jalur SNBP itu.

Menanggapi hal ini, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) H Muhamad Saleh, memberikan apresiasinya atas keberhasilan siswa-siswi MAN 1 Kendari.

Menurut Saleh, hal ini menjadi kebanggaan tersendiri khususnya bagi MAN 1 Kendari sekaligus membuktikan jika siswa madrasah mampu berprestasi dan sejajar dengan sekolah unggulan lain yang ada di Sultra.

“Kita patut berbangga karena hari ini wajah madrasah jauh lebih baik, sarat prestasi dan mampu bersaing dengan sekolah-sekolah lain. Hal ini membuktikan, keseriusan dan komitmen Kemenag dalam memajukan pendidikan khususnya di Sultra,” ungkapnya.

Muhamad Saleh berharap, prestasi ini dapat terus ditingkatkan dan semakin baik di tahun-tahun mendatang.

Dari kelulusan ini, semua jurusan siswa kelas XII MAN 1 Kendari, baik jurusan IPA, IPS, Keagamaan, dan Bahasa terwakilkan sebagai peserta lulus SNBP tahun ini. 54 siswa dimaksud tersebar di beberapa universitas, yakni 3 siswa lulus di Universitas Indonesia (UI) Jakarta, 13 siswa di Unhas Makassar, 2 siswa lulus di Universitas Negeri Makassar (UNM), 1 siswa lulus di Universitas Negeri Manado, 3 siswa lulus di Universitas Alauddin Makassar, dan 1 siswa lulus di Universitas Sunan Kalijaga Yogyakarta. Sisanya, 31 siswa lulus di Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari.

Siswa MAN 1 Kendari yang lulus SNBP itu tersebar di beberapa program studi. Mereka lulus pada Program Studi Kedokteran, Pendidikan Dokter, Kesehatan Masyarakat, Keperawatan, Ilmu Gizi, Farmasi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Geografi, Pendidikan Jasmani, Olahraga, Kesehatan dan Rekreasi, Pendidikan Bahasa Inggris, Bahasa dan Sastra Inggris, Ilmu Komputer, Statistika, Teknik Pertambangan, Teknik Informatika, Teknik Arsitektur, Ilmu Hukum, Akuntansi, Psikologi, Ilmu Komunikasi, Ilmu Manajemen, Ekonomi Pembangunan, Hubungan Internasional, Administrasi Negara, dan Sosiologi.

  • Bagikan