Kakanwil Kemenag Sultra Sambut Baik Pengukuhan KDEKS Sultra Periode 2023-2025

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Wakil Presiden Republik Indonesia (Wapres RI), KH. Ma’ruf Amin menghadiri pengukuhan Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sultra periode 2023-2025, berlangsung di Phinisi Ballroom hotel Claro Kendari, Kamis, (21/3/2024).

Di momentum ini, Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto dinobatkan memimpin Komite Daerah Ekonomi dan Keuangan Syariah (KDEKS) Provinsi Sultra periode 2023-2025. Sekda Provinsi Sultra sebagai Sekretaris KDEKS, sedangkan Pimpinan Lembaga/Instansi dan Kepala Perangkat Daerah dikukuhkan selaku Anggota KDEKS Provinsi Sultra.

Wapres K.H. Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengungkapkan, nilai-nilai ekonomi syariah dapat menjadi solusi untuk mewujudkan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan.

“Keadilan, inklusivitas, universalitas, pemerataan kesejahteraan, dan keberlangsungan lingkungan. Kelima nilai ini Insya Allah dapat menjadi solusi guna wujudkan transformasi ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan. Hal ini semata-mata untuk kebaikan bagi umat, masyarakat, dan lingkungan,”ungkap Wapres Ma’ruf Amin.

Wapres juga menekankan 3 hal penting yang menjadi arahannya yakni :
1. Optimalkan potensi kekayaan alam dan sektor unggulan Sultra dalam kerangka pengembangan industri halal;

2. Perluas dukungan sektor industri jasa keuangan syariah dan dana sosial syariah dalam pengembangan bisnis dan kewirausahaan syariah;

3. Kuatkan fondasi perencanaan dan pengembangan, demi menjamin keberlanjutan program ekonomi dan keuangan syariah.

“Saya mendorong KDEKS Sultra yang baru saja dikukuhkan untuk mengkaji mengenai pengembangan Wakatobi sebagai destinasi wisata ramah muslim. Lalu Kota Kendari dan Kabupaten/Kota lainnya menjadi kawasan kuliner halal,” katanya.

“Saya juga mengapresiasi Pemerintah Provinsi yang saat ini sedang menyusun Peraturan Gubernur tentang pengembangan ekonomi syariah di Sultra. Semoga hal ini dapat berkesinambungan dan berkontribusi nyata dirasakan,”tambah dia.

Terakhir, Wapres berpesan kepada KDEKS Sultra untuk segera mengkolaborasikan program dan kebijakan ekonomi dan keuangan syariah untuk wujudkan Sultra yang adil, makmur, sejahtera, dan maju.

Menanggapi hal ini, Kepala Kantor Wilayah Kanwil (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Sultra H Muhamad Saleh memberi apresiasi dan ucapan selamat atas pengukuhan KDEKS Provinsi Sultra periode 2023-2025.

Menurutnya, pengkajian Kota Kendari dan Kabupaten/Kota lainnya menjadi kawasan kuliner halal sebagaimana dikemukakan Wapres, sejalan dengan langkah Kemenag Sultra yang saat ini tengah gencar memasifkan program sertifikasi halal di kabupaten/kota se Sultra.

“Kita tentu sangat mengapresiasi dan mendukung hal ini, sebagai bentuk kolaborasi dan sinergitas Kemenag Sultra dengan berbagai pihak,” pungkasnya.

  • Bagikan