Kakanwil Kemenag Sultra: Internalisasi Nilai Moderasi Beragama Dalam Pelaksanaan Tugas

  • Bagikan

Busel, sibernas.id – Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra), H. Muhamad Saleh didampingi Kepala Kankemenag Buton Selatan (Busel) H. Mukhtar memberikan penguatan Moderasi Beragama bagi Penyuluh Agama Islam dan ASN di lingkungan Kantor Kemenag Busel, Rabu (24/1/2024).

Turut hadir Kabag Tata Usaha, Kabid Penias Zawa, Kabid Pendidikan Madrasah, Kepala Kankemenag Kota Baubau, dan Narasumber kegiatan, H. Pendais Haq.

Dikesempatan itu, Kakanwil Kemenag Sultra Muh. Saleh menyampaikan, Penguatan Moderasi Beragama merupakan salah satu dari tujuh program prioritas Gus Menteri, maka menjadi kewajiban bagi seluruh ASN Kemenag di semua tingkatan untuk kita bumikan dan sukseskan.

Saleh mengatakan, Moderasi beragama adalah cara pandang, sikap dan perilaku dalam memaknai keberagamaan secara moderat. Termasuk, kemampuan untuk menerima perbedaan tradisi dan budaya.

“Jangan kita pertanyakan dan persoalkan perbedaan itu, karena merupakan suatu khasanah kehidupan masyarakat dan bangsa Indonesia yang hidup dalam keberagaman. Itulah salah satu roh dari program penguatan moderasi beragama. Cara pandang dalam memaknai keberagaman,” ujar Saleh.

Saleh menambahkan, Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah garda terdepan dalam penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, memiliki peran yang sangat penting dalam memastikan terwujudnya tatanan sosial yang harmonis dan damai dalam masyarakat.

“Salah satu cara untuk mencapai tujuan tersebut adalah dengan menginternalisasi nilai-nilai moderasi beragama dalam pelaksanaan tugas sehari-hari,” imbuh Saleh.

Untuk itu, menjelang kontestasi politik, Kakanwil mengajak seluruh jajaran ASN Kemenag Busel untuk menciptakan kondisi stabilitas yang nyaman dan sejuk di lingkungan masing-masing.

“Jangan ada ASN Kementerian Agama yang terpengaruh dengan isu-isu menyesatkan yang bisa mengadu domba antara satu dengan yang lain. Namun harus mampu menciptakan suasana sejuk dan kondusif di lingkungan masing-masing,” sambung Saleh.

Dikesempatan tersebut, Saleh kembali mengingatkan dengan tegas kepada jajaran ASN Kemenag Sultra agar menjaga netralitas sebagai ASN Kemenag, serta bijak dalam bermedia sosial.

“Pesta demokrasi tidak mungkin kita abaikan atau tidak kita sukseskan. Sebagai ASN Kementerian Agama, mari kita lawan berita hoax, adu domba dan bijak menggunakan media sosial. Jangan kita kotori media sosial kita dengan berita-berita propaganda,” pungkasnya.

  • Bagikan