Jadi Irup Peringatan Hari Lahir Pancasila, Pj Wali Kota Kendari Kenakan Pakaian Adat Suku Tolaki

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari menggelar Upacara Bendera dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila tahun 2023, yang berlangsung di lapangan upacara kantor Balai Kota Kendari, Kamis (1/6).

Suasana upacara peringatan Hari Lahir Pancasila sangatlah khidmat dan penuh semangat. Hari yang istimewa ini diperingati setiap tahun pada tanggal 1 Juni untuk mengenang kelahiran ideologi dasar bangsa Indonesia, Pancasila.

Semua peserta upacara berkumpul dengan penuh kebanggaan dan rasa hormat terhadap nilai-nilai Pancasila yang telah menjadi landasan negara.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari sebagai inspektur upacara (Irup) mengenakan pakaian adat suku Tolaki, begitu juga ketua DPRD Kota Kendari Subhan yang mengenakan pakaian adat suku Buton dan sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) yang hadir menggunakan pakaian adat suku Tolaki.

Acara dimulai dengan pengibaran Bendera Merah Putih yang dilakukan pasukan pengibar bendera yang berasal dari pelajar di Kota Kendari.

Kemudian dilanjutkan dengan pembacaan teks Pancasila oleh ketua DPRD Kota Kendari Subhan dan pembacaan teks pembukaan Undang-Undang Dasar tahun 1945 oleh Asisten III Setda Kota Kendari Makmur.

Pj. Wali Kota Kendari Asmawa Tosepu yang membacakan pidato presiden mengungkapkan, pentingnya nilai-nilai Pancasila sebagai landasan negara dan sebagai pedoman dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pidato tersebut mengajak seluruh peserta upacara untuk menjunjung tinggi Pancasila dalam segala aspek kehidupan, baik di tingkat individu maupun dalam kehidupan sosial dan politik bangsa.

“Pancasila dengan nilai-nilai yang dikandungnya, merupakan falsafah dasar, pandangan hidup bangsa, dasar negara, ideologi, kekuatan pemersatu bangsa dan sumber dari segala sumber hukum negara,” ungkapnya.

Ia juga menyampaikan terima kasih pada seluruh petugas upacara termasuk pasukan pengibar bendera yang sukses menjalankan tugas, hingga upacara peringatan hari lahir Pancasila berjalan dengan lancar dan sukses.

  • Bagikan