Gubernur Ali Mazi Terkesan Melihat Praktik Pertambangan PT. Vale di Sorowako

  • Bagikan

Sorowako, sibernas.id – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi mengunjungi operasi pertambangan terintegrasi PT Vale Indonesia Tbk di Sorowako, selama dua hari mulai 25-26 Mei 2023.

Orang nomor satu di Sultra itu mengaku terkesan dengan praktik pertambangan yang diterapkan PT. Vale.

Sejak awal tiba, Gubernur Ali Mazi memuji serangkaian program dan briefing terkait aspek keamanan dan keselamatan kerja yang diterapkan untuk seluruh pengunjung PT Vale.

“Saya sangat terkesan dengan infrastruktur, semua tertata rapi dan indah. Kemudian, saya juga terkesan dengan bagaimana PT Vale memelihara lingkungan. Semua diolah dengan baik,” ungkapnya.

Ia menjelaskan, potensi yang dimiliki perusahaan-perusahaan pertambangan yang menerapkan praktik pertambangan berkelanjutan seperti PT Vale. Bahkan Gubernur Ali Mazi menegaskan agar seluruh perusahaan tambang bisa mencontoh apa yang dilakukan PT Vale.

“Kalau semua perusahaan penambang seperti PT Vale, Indonesia akan menjadi negara terkaya, menurut saya,”katanya.

Gubernur Ali Mazi berharap, praktik serupa dibawa oleh PT Vale di daerahnya, di Sulawesi Tenggara, melalui proyek pengembangan yang baru saja diresmikan pada November 2022 silam.

“Kita juga bisa melakukan sosialisasi untuk praktik pertambangan berkelanjutan untuk tambang-tambang di sana (Sultra). Harapan saya, semoga manajemen pertambangan di Sorowako ini juga diterapkan di sana,”harapnya.

Sementara itu, CEO PT Vale Indonesia Tbk Febriany Eddy mengaku kunjungan Gubernur Ali Mazi itu adalah sebuah penghargaan bagi perseroan.

“Ini adalah kehormatan dan apresiasi luar biasa dari banyak pihak yang telah datang dan melihat langsung praktik pertambangan berkelanjutan PT Vale. Ini menjadi sumber motivasi dan energi untuk kita menjadi lebih baik lag,”katanya.

Febriany Eddy juga menyampaikan, perseroan selalu terbuka untuk pihak-pihak yang ingin melihat langsung praktik pertambangan berkelanjutan. Selain berharap agar komitmen keberlanjutan PT Vale dapat lebih luas diterapkan dan bermanfaat.

Ia juga berharap, kunjungan-kunjungan yang ada menjadi sarana PT Vale untuk menerima masukan yang berharga.

Saat berada di PT Vale, Gubernur Ali Mazi memulai kunjungannya ke Taman Kehati Sawerigading Wallacea untuk melihat fasilitas persemaian dan sarana yang dibangun perseroan untuk menjaga keanekaragaman hayati. Kemudian, menuju salah satu Control Room PT Vale dan mengamati instrumen yang digunakan untuk mengawasi jalannya praktik pertambangan.

Kemudian, Gubernur Ali Mazi berkunjung ke Bukit Solia. Di lokasi tersebut Gubernur Ali Mazi melihat proses penambangan bijih nikel, sekaligus mengamati lahan reklamasi dan rehabilitasi pasca tambang PT Vale.

  • Bagikan