Gubernur Ali Mazi Saksikan Penyerahan SK Menteri tentang Izin Pendirian PTVM

  • Bagikan
Susana penyerahan SK pendirian Politeknik Tridaya Virtu Morosi di Kabupaten Konawe

Kendari, sibernas.id – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) H. Ali Mazi menghadiri penyerahan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 25/D/OT/2023. SK tentang izin pendirian Politeknik Tridaya Virtu Morosi (PTVM), di Hotel Claro, Kendari 29 Januari 2023.

Politeknik yang terletak di Kabupaten Konawe secara resmi telah memperoleh izin pendirian melalui pembacaan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 25/D/OT/2023. SK tentang izin pendirian Politeknik Tridaya Virtu Morosi.

Gubernur Ali Mazi, yang juga Ketua Pengawas Yayasan Andrew Zhu dan Tony Zhou, berharap Politeknik Tridaya Virtu Morosi dapat menciptakan SDM unggul, inovatif dan kreatif guna mendukung percepatan pembangunan Indonesia.

Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Andrew Zhu dan Tony Zhou, Wisma Bharuna mengatakan, Politeknik Tridaya Virtu Morosi bekerja sama dengan beberapa perusahaan industri, salah satunya dalam bentuk penyaluran lulusan ke perusahaan-perusahaan smelter. Diantaranya PT. Virtue Dragon Nickel Industry (VDNI) dan PT. Obsidian Stainless Steel (OSS) di Konawe dan PT. Gunbuster Nickel Industry (GNI) di Morowali Utara.

“Politeknik ini disiapkan sebagai link and match atau titik temu antara industri dengan dunia pendidikan. Dimana Politeknik secara langsung menerapkan pembelajaran secara learning by doing. Sehingga menjadikan lulusan yang berkualitas dan terampil,”kata Wisma Bharuna.

Menurut Wisma Bharuna, hilirisasi industri nikel yang berkembang begitu pesat perlu ditopang dan disokong oleh SDM yang berkualitas.

“Sehingga kedepan, putra-putri bangsa mampu menjadi penggerak membawa Indonesia melompat maju dari negara penerima teknologi menjadi pelopor,” ujar Wisma Bharuna.

Wisma Bharuna berharap, politeknik ini dapat menjadi ekosistem pengetahuan akademis dan teknologi yang mampu membentuk SDM bangsa Indonesia yang unggul dalam mengelola industri smelter.

“Visi panjang kedepan, tentunya menjadi cita-cita kita sebagai bangsa yang besar adalah terbentuknya ekosistem pengetahuan akademis dan teknologi dalam membentuk SDM Indonesia yang unggul, sehingga di masa depan putra-putri Indonesia-lah yang menjadi pengelola industri smelter,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah IX Sultan Batara, Andi Lukman, mengatakan, perumusan kurikulum universitas perlu melibatkan pihak industri atau pelaku usaha agar mengetahui kebutuhan dunia kerja.

“Politeknik Tridaya Virtu Morosi memiliki tiga program studi diploma tiga (D3) yaitu Teknologi Metalurgi Industri Logam, Teknologi Sipil dan Teknologi Listrik Industri Logam,”katanya.

  • Bagikan