Gubernur Ali Mazi Lepas Kontingen Sultra Diajang Pornas Korpri ke-XVI di Jateng

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Ali Mazi melepas kontingen Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) Sultra dalam mengikuti Pekan Olahraga Nasional (Pornas Korpri) ke- XVI di Kota Semarang, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) dengan tema “Jalin Kebersamaan Meraih Prestasi” Tahun 2023, di Aula Merah Putih Rumah Jabatan (Rujab) Gubernur Sultra, Sabtu, (3/6/2023).

Yang hadir dalam pelepasan tersebut, Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama Lingkup Pemerintah Daerah Sultra, Dewan Pengurus Korpri Prov. Sultra, Ketua Dewan Pengurus Korpri Kab/Kota se-Sultra, Ketua Pengurus Daerah Cabang Olahraga se-Provinsi Sultra dan pelatih, official pendamping, serta Atlet Sultra Pornas Korpri.

Laporan Panitia Pelaksana oleh Wakil Ketua Dewan Pengurus Korpri Provinsi Sultra, Zanuriah, selaku Kepala BKD Sultra mengatakan bahwa dasar pelaksanaan yaitu Pertama, Undang-Undang  Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara, Kedua Keputusan Presiden Republik Indonesia (RI) Nomor 82 Tahun 1971 tanggal 29 November 1971 tentang Korps Pegawai RI, Ketiga Keputusan Presiden RI Nomor 24 Tahun 2010 tanggal 4 November 2010 tentang pengesahan anggaran dasar korps pegawai Republik, Keempat Surat Edaran Dewan Pengurus Nasional Korpri Nomor: B-130/KU/IV/2023 tanggal 12 April 2023 tentang Penyelenggaraan Pornas XVI Korpri Tahun 2023 di Provinsi Jawa Tengah, Kelima Surat Edaran Pengurus Pusat Badan Pembina Olahraga Korpri Tahun 2023 tentang pedoman umum penyelenggaraan pekan olahraga nasional XVI Korps Pegawai Republik Indonesia (Pornas XVI Korpri) di Prov. Jawa Tengah dan Keenam Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Sultra tahun anggaran 2023.

“Dalam kegiatan Pornas ke-XVI Korpri tingkat Nasional di Jawa Tengah tahun 2023 adalah memberikan wadah pembinaan olahraga di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN), tujuan dalam pelaksanaan yaitu pertama untuk mengukur pencapaian pembinaan prestasi olahraga ASN di tingkat Nasional, kedua sebagai ajang pemantauan ASN berprestasi, dan ketiga memelihara, meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa khususnya ASN, serta diselenggarakan selama 11 hari terhitung mulai tanggal 13-23 Juli 2023 di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah (Jateng). Untuk jumlah kontingen Popnas XVI Korpri Provinsi Sultra berjumlah 100 orang terdiri dari atlet 62 orang, pelatih 6 orang,official/panitia 23 orang dan dewan pengurus Korpri Provinsi Sultra 9 orang,”terangnya.

Kemudian, tambah dia, sasaran dan indikatornya Popnas XVI Korpri tahun 2023 adalah sukses penyelenggaraan minim klaim, sukses prestasi, sukses administrasi dan sukses pemberdayaan ekonomi masyarakat.

Untuk cabang olahraga yang diikuti 6, kata dia, sebanyak 6 cabang olahraga dari 10 Cabor yang dipertandingkan yakni, Cabor Gateball, Basket, Tenis Meja, Senam Korpri, Catur dan Futsal.

Sementara itu, dilanjutkan dengan sambutan Ketua Dewan Pengurus KORPRI Sultra, Asrun Lio, yang dibacakan oleh Wakil Ketua pengurus Korpri mengatakan, alhamdulilah Dewan pengurus Korpri Provinsi Sultra dikukuhkan oleh Ketua Umum Dewan Pengurus Nasional Korpri pada tanggal 14 November 2021, bertepatan dengan pelaksanaan MTQ Korpri ke-V yang dilaksanakan di Kota Kendari Sulawesi Tenggara, ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh dewan pengurus Korpri Prov. Sultra antara lain: Rakor pada bulan Juli 2021,pengukuhan dewan pengurus Korpri Kab. Kolaka tahun 2021, mengikuti MTQ Korpri di Padang tahun 2022 dengan kafilah-kafilah Provinsi Sulawesi Tenggara yang meraih 5 Juara yaitu juara terbaik 2 cabang hafitz, juara harapan 2 cabang hafitzah, juara harapan 1 cabang lomba azan, juara harapan 3 tartil dan juara harapan 3 cabang khutbah. Rencana  pembentukan dewan pengurus Korpri di 17 Kabupaten/Kota.

“Alhamdulilah ada 4 Kabupaten yang siap untuk dikukuhkan yaitu Kabupaten Kolaka, Kolaka Utara, Konawe Selatan dan Konawe, dalam kegiatan Pornas tahun ini telah dilaksanakan seleksi Pornas ke-6  secara mandiri oleh pengurus cabang olahraga masing-masing yang didampingi pengurus Korpri Provinsi dari cabang olahraga yang dilombakan, sehingga kita hanya mengikuti 6 cabang olahraga terkait, dikarenakan terbatasnya anggaran adapun cabang olahraga yang telah melaksanakan seleksi yaitu Senam Korpri, Catur, Tenis Meja, Basket, Gateball dan Futsal dan ada satu cabang olahraga yang diikuti oleh jalur mandiri yaitu cabang olahraga futsal yang di sponsori oleh Bank Sultra,”ungkapnya.

Sebelum melepas kontingen Pornas, Gubernur Sultra Ali Mazi dalam sambutanya menyampaikan selamat kepada saudara/saudari sekalian ASN anggota Korpri Provinsi Sultra yang telah terpilih untuk berlaga dan mengadu keterampilan/ketangkasan berolahraga pada Pekan Olahraga Nasional (Pornas) Korpri ke-16 tahun 2023 yang diselenggarakan di Kota Semarang pada bulan juli mendatang, selain melaksanakan tugas pokok keseharian sebagai abdi Negara, abdi pemerintah dan abdi masyarakat.

Oleh karena itu, terpilihnya saudara-saudari sekalian mewakili anggota Korpri Prov. Sultra yang berjumlah kurang lebih 12.000 pegawai, tentu menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. Namun dibalik itu, tersimpan pula harapan anggota Korpri Sultra lainnya dan tentu pemerintah daerah di pundak saudara-saudari untuk meraih hasil yang maksimal pada ajang kompetensi olahraga antar sesame anggota Korpri di tingkat nasional yang tidak hanya mengharumkan nama organisasi Korpri Sultra, tetapi juga nama daerah Sulawesi Tenggara secara umum.

“Saya selaku pimpinan daerah menyambut baik dan mengapresiasi terselenggaranya kegiatan ini, sembari berharap semoga atlet kontingen Korpri Sultra yang akan berlaga nantinya, tetap menjaga nama baik dan menjunjung tinggi marwah daerah kita di ajang kegiatan nasional,”katanya.

Dikesempatan itu, Gubernur Ali Mazi  memberikan pesan dan harapan untuk kiranya dapat menjadi perhatian dalam mengikuti kegiatan Pornas Korpri ke-16 yaitu: Pertama, pusatkan perhatian untuk berlomba/bertanding dan meraih prestasi terbaik, dengan tetap menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh, karena sekuat apapun persiapan yang dilakukan tidak dapat menghasilkan capaian yang optimal tanpa adanya kesehatan yang prima. Kedua, jagalah kekompakan dan kebersamaan antar sesame kontingen dengan senantiasa mengedepankan kepentingan kontingen. Ketiga, kepada para pelatih, official dan petugas lainnya agar memberi perhatian yang maksimal kepada para atlet sesuai peran, fungsi dan tugas masing-masing.

Ia juga mengingatkan kepada segenap kontigen Korpri Sultra, bahwa event Pornas Korpri selain sebagai ajang untuk meraih prestasi, tetapi juga sebagai sarana memperkuat soliditas dan solidaritas antar anggota Korpri, demi memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa dalam bingkai NKRI dan selalu jaga sikap santun, serta sikap saling menghormati dan menghargai dengan kawan maupun lawan tanding, baik di dalam maupun di luar arena pertandingan, karena kita adalah sesama anak bangsa. Raihlah prestasi terbaik dengan menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas dan mengedepankan semangat kebersamaan.

“Selamat berjuang, semoga meraih prestasi tertinggi sesuai yang diharapkan, dilanjutkan dengan menyaksikan Senam Korpri,”tutupnya.

  • Bagikan