Euforia Purna Bhakti Kemenag Sultra Dengan Maskot Terindahnya Dalam Aksi Damai Kirab Rukun Bersahabat

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Kemeriahan menyambut peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke 77 yang jatuh pada 3 Januari 2023 mendatang mulai terasa. Seperti yang nampak pada Kamis (15/12/2022), ribuan orang ikut ambil bagian dalam Aksi Damai Kirab Rukun Bersahabat yang diselenggarakan oleh Kanwil Kemenag Sultra.

Tampilan Maskot dan barisan purnabakti Kemenag Sultra melengkapi kemeriahan Aksi Damai Kirab Rukun Bersahabat tersebut.

Filosofi angka 77 pada perayaan HAB kali ini begitu kental, ditandai dengan seruan 77 barisan Aksi Damai Kirab Rukun Bersahabat, dimana masing-masing barisan menurunkan 77 peserta dan dilengkapi dengan 77 maskot yang berada tepat dibagian depan tiap-tiap barisan.

Selain menampilkan baju khas daerah Sultra, maskot juga mengusung tema keragaman suku dan agama di Sultra. Hal ini sama saja, seberapa banyak kerukunan dan toleransi di Sultra begitu terjaga. Setiap umat beragama hidup berdampingan dalam suasana yang damai, sebagaimana pesan Moderasi Beragama yang gencar digaungkan di 17 kab/kota se Sultra.

Tak hanya itu, barisan Purna bakti Kemenag Sultra juga turut menyemarakkan aksi damai rukun bersahabat dalam rangka HAB 77. Meski dalam usia yang tak muda lagi, para purna bakti tampil dengan begitu semarak.

Di antara mereka bahkan sudah mencapai usia 80 tahun seperti, KH Ryha Madi dan KH Zuhdi Mulkian. Ikut serta mantan kakanwil 2005-2011 Dr. KH Abdul Muis D bersama ibu, mantan kepala bidang, kepala seksi dan para staf, istri pensiunan dan para keluarga pensiunan.

Hal ini, juga merupakan salah satu upaya Kakanwil Kemenag Sultra H Zainal Mustamin, dalam merekat Silaturahmi, Merajut Amal Bakti diantara ASN dan Purnabakti Kemenag Sultra.

“Terima kasih atas dukungan dan partisipasi para purna bakti dalam sekuruh rangkaian semarak 77 tahun HAB kemenag kali ini, semoga kebersamaan ini selalu terjalin di antara kita semua,” harapnya.

Wagub Sultra dalam sambutannya pada kegiatan itu menerangkan bahwa kerukunan umat beragama adalah keadaan atau kondisi kehidupan umat beragama yg berinteraksi secara harmonis, toleran, damai, saling menghargai dan menghormati perbedaan agama dan kebebasan menjalankan ibadah masing-masing.

“Terima kasih kepada Kakanwil yang telah bekerja keras bersama pemerintah daerah menciptakan suasana hidup rukun dan damai di bumi anoa yang kita cintai ini. Bersama ini pula saya atas nama Pemerintah Daerah Sulawesi Tenggara mengucapkan selamat Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke 77 yang akan diperingati pada tanggal 3 januari 2023, semoga kementerian agama akan  semakin terdepan menjaga Indonesia dari gangguan yang bisa merusak kehidupan yang damai yang telah diperjuangkan oleh para pendekar-pendekar Kementerian Agama terdahulu,” kata Wagub.

  • Bagikan