DPRD Kota Kendari Gelar Rapat Paripurna Istimewa HUT ke-193 Kota Kendari 

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari menggelar Rapat Paripurna Istimewa memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-193 Kota Kendari, berlangsung di Aula Paripurna DPRD Kota Kendari, Kamis, (9/5/2024).

Paripurna dipimpin langsung haji Subhan SD ketua DPRD kota Kendari didampingi wakil ketua DPRD Kota Kendari La Ode Muhammad Inarto dan Samsuddin Rahim, Sekretaris DPRD Kota Kendari Adriana Musaruddin, dan Kabag Hukum H Sugianto.

Paripurna ini dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Wali klKota Kendari Muhammad Yusup, Sekretaris Daerah Kota Kendari Ridwansyah Taridala, Forkopimda, Kepala OPD, Asisten dan Staf Ahli pemerintah kota Kendari.

Paripurna ini juga mengundang Paguyuban masyarakat di Kota Kendari, Camat Serta Lurah dan Penjabat Eselon 3 pemerintah kota Kendari.

Ketua DPRD Kota Kendari Subhan dalam sambutannya mengatakan harapannya agar kota Kendari bisa lebih baik di ulang tahunnya yang ke 193 ini.

“Seiring berjalannya waktu penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan di kota Kendari terus bergerak dan membawa dinamika dan warna-warna baru yang digerakkan pemimpin daerah yang silih berganti oleh karena itu sudah sepantasnya lah Pada kesempatan ini kami menyampaikan rasa terimakasih dan rasa bangga rasa hormat atas kebijakan pembangunan yang sudah di torehkan oleh pemimpin daerah baik yang terdahulu maupun yang lagi menjabat semoga Allah subhanahu wa ta’ala membalas segala pengabdian dari beliau-beliau semuanya,”ucap Subhan.

Lanjut Subhan mengatakan tidak ada kata terlambat untuk berbuat baik dan berkarya bagi daerah dan masyarakat khususnya kota Kendari agar kedepannya kota Kendari dapat sejajar dengan daerah lain di Indonesia.

“Sebagai salah satu unsur pemerintah daerah maka DPRD Kota Kendari akan senantiasa berupaya untuk melaksanakan tugas dan wewenang fungsi yang dimaksud adalah fungsi pembentukan Perda yakni bersama pemerintah kota Kendari membentuk peraturan daerah Alhamdulillah hingga tahun kelima keanggotaan DPRD Kota Kendari telah menghasilkan 46 Perda,”ungkap Subhan.

Diakhir sambutannya, Subhan mengucapkan terima kasih kepada masyarakat kota Kendari atas masukannya dalam pembangunan di kota Kendari.

Sementara itu, Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup dalam pidatonya menyoroti pencapaian kota dalam berbagai bidang, termasuk pembangunan infrastruktur, pelayanan kesehatan, pendidikan dan ekonomi.

Selama sekira empat bulan menjabat sebagai Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup telah menorehkan berbagai capaian di Kota Kendari. Capaian ini diantaranya, Operasionalisasi Mal Pelayanan Publik (MPP) dan terus ditingkatkan.

“Saat ini kita terus mengintegrasikan 138 layanan dari sebelumnya 121 layanan dan mensinergikan 34 gerai yang terdiri dari 11 instansi pemerintah daerah dan 23 lembaga/Kementerian/BUMN/BUMD,” orang nomor satu di Kota Kendari itu.

Angka inflasi dalam empat bulan terakhir juga dapat terus kendalikan dibawah 4 persen melalui berbagai upaya kongkrit salah satunya adalah gerakan menanam/pemanfaatan pekarangan warga, lahan tidur, di 65 kelurahan, sekolah dan puskesmas untuk menanam komoditas cepat panen. Upaya ini telah mampu mengendalikan harga dipasaran.

Angka prevalance stunting terus dapat kendalikan dan sampai bulan April kemarin, kata dia, berdasarkan data E-PPGM atau pengukuran langsung terhadap bayi yang lahir, berada dibawah 2 persen.

“Berkat upaya yang maksimal salah satunya melalui gerakan orang tua asuh yang mampu memperbaiki gizi bayi beresiko stunting,” kata Kepala BPBD Sultra itu.

Pemerintah juga terus berupaya melakukan penyehatan terhadap 2 BUMD, yaitu Perumda Kendari dan Perumda Air Minum Tirta Anoa Kendari melalui pergantian direksi dan saat ini, Perumda Air Minum Tirta Anoa sudah mulai memperlihatkan langkah positif terkait perbaikan sistem jaringan dan distribusi serta manajemen pelayanan.

“Disamping berbagai capaian pembangunan yang telah kita hasilkan, disadari pula masih terdapat berbagai tantangan dan prioritas pembangunan yang perlu untuk terus menjadi perhatian kita bersama dalam membangun Kota Kendari saat ini, khususnya terkait perbaikan infrastruktur dasar masyarakat sebagai bagian dari langkah kongkrit penataan wajah Kota Kendari,” pungkasnya.

  • Bagikan