DPRD Dukung Kawasan Wisata Tondonggeu jadi Destinasi Baru di Kendari

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari mendukung program Pemerintah Kota Kendari untuk pengembangan wisata di Tondonggeu Kecamatan Nambo untuk menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat di Kota Kendari.

Anggota DPRD Kota Kendari Laode Lawama, di Kendari, Sabru (6/4/24) mengatakan, pihaknya sangat mendukung program Pemerintah Kota Kendari tersebut. Sebab semakin banyak objek wisata akan lebih banyak lagi dampak postif yang bisa diraih oleh daerah.

Selain itu juga kata Politisi PDIP ini, kawasan Wisata di Tondonggeu tersebut nantinya akan berdampak pada perekonomian masyarakat sekitarnya.

“Jadi kami sangatlah mendukung program dari Pemkot Kendari ini. Sebab kami menyadari kawasan wisata yang ada di Kota Kendari masih belum banyak dan mesti terus ditingkatkan jumlahnya,” kata Lawama.

La Ode Lawama

Selain itu kata dia, jika nantinya kawasan wisata Tondonggeu ini sudah mulai beroperasi, hendaknya bisa dijaga dan dirawat dengan baik.

“Banyak kawasan wisata yang sudah menelan anggaran cukup besar untuk dikembangkan, tetapi ujungnya justru tidak berkembang dengan baik. Maka dari itu kami tekankan hal ini menjadi perhatian dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kendari sebagai instansi teknisnya,” ujarnya.

Yang terpenting kata Lawama, bahwa pengelolaan dan penataan kawasan wisata itu nantinya harus berkelanjutan agar bisa mmberikan manfaat bagi masyarakat dan daerah.

“Kita akan senantiasa mendukung upaya pemerintah dalam mengembangkan objek-objek wisata di daerah yang nantinya itu akan menjadi daya tarik wisatawan berkunjung di daerah kita,” katanya.

Kampung Wisata Tondonggeu Kendari

Sementara itu Kepala Disbudpar Kota Kendari, Nurhaeda, mengatakan untuk pengembangan wisata di Tondonggeu Pemkot Kendari mengusulkan pengembangan kawasan wisata di lahan seluas 35,44 hektare.

Diterangkannya, Kawasan wisata Tondonggeu akan dibangun di atas permukaan laut. Untuk sekarang ini sedang dalam tahap pengurusan izin persetujuan dari Direktorat Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (DJPRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Untuk diketahui, Pemerintah Kota Kendari saat ini tengah membangun dan mempersiapkan Kelurahan Tondonggeu sebagai destinasi wisata baru di kota itu. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kendari menetapkan Tondonggeu sebagai salah satu kawasan kampung wisata yang akan di kembangkan.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kota Kendari, Nurhaeda

Dalam master plannya, Tondonggeu akan menjadi destinasi wisata bahari. Pemkot merancang taman wisata baik daranya mau pun di laut. Mesti tak ada pasir, wilayah ini terdapat kampung pelangi, juga kawasan bakau yang tertata untuk areal healing. Di daratan, akan dibuat taman sebagai ruang terbuka hijau, lengkap dengan parkiran, wahana bermain anak, dan sarana publik lainnya.

Sementara di atas laut, akan dibuat gasebo dipermukaan laut yang saling terhubung oleh jalur trekking. Pengunjung juga bisa melakukan snorkling di sekitar lokasi yang tidak jauh jaraknya.(Adv)

  • Bagikan