Diskominfo Konut Gelar Bimtek Pemanfaatan Sertifikat Elektronik

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Pelaksana Harian (Plh) Sekretaris Daerah Kabupaten Konawe Utara (Konut) Safruddin membuka acara sosialisasi dan Bimbingan Tehnis (Bimtek) Pemanfaatan Sertifikat Elektronik (PSrE) lingkup Pemerintah Kabupaten Konut, yang diselenggarakan oleh Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Konut, di Kendari, Selasa, 21 November 2023.

Dalam sambutannya, Plh Sekda Konut Safruddin menyampaikan di era digitalisasi ini kita bakal punya jasa sertifikat elektronik dan tanda tangan digital yang efisien, terpercaya, dan praktis.

“Untuk diketahui, Tanda Tangan Elektronik adalah tanda tangan yang terdiri atas Informasi Elektronik yang dilekatkan, terasosiasi, atau terkait dengan Informasi Elektronik lainnya yang digunakan sebagai alat verifikasi dan autentikasi,” jelas Syafruddin.

Sebagai informasi, kini Penyelenggara Sertifikasi Elektronik hadir sebagai pelopor nasional penyelenggara sertifikasi elektronik yang langsung dikelola oleh Direktorat Tata Kelola Aplikasi Informatika, Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“PSrE bertujuan untuk menyediakan jasa sertifikasi elektronik termasuk layanan tanda tangan digital yang efisien, terpercaya, dan praktis bagi ekosistem digital di Indonesia, terutama untuk ekosistem dalam industri keuangan dan transaksi,”katanya.

Untuk itu, dengan adanya PSrE diharapkan semua masyarakat termasuk UMKM online dan perusahaan teknologi Indonesia khususnya di Kabupaten Konawe Utara dapat memanfaatkan bisnis digitalisasi secara lebih optimal karena PSrE hadir untuk menciptakan keamanan nasional dan meningkatkan kepercayaan masyarakat dalam menggunakan transaksi keuangan dan perjanjian di dunia digital. Selain rasa aman dan rasa percaya, PSrE hadir sebagai upaya dan langkah strategis untuk memproteksi penggunaan transaksi online dari fraud dan pemalsuan data.

Adapun peserta dalam kegiatan Bimtek Pemanfaatan Sertifikat Elektronik adalah Admin dan Operator masing-masing OPD lingkup Pemkab Konut.

  • Bagikan