Disdagkop dan UKM Kota Kendari Sukses Gelar Pelatihan Pengembangan Kapasitas SDM Bagi Pelaku Usaha

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) sukses menggelar Pelatihan Pengembangan Kapasitas SDM Bagi Kelompok/Kluster Usaha Mikro di Kota Kendari Tahun Anggaran 2024 selama 3 hari mulai 28-30 Agustus 2024, bertempat di Gedung PLUT KUMKM Kota Kendari.

Pelatihan Pengembangan Kapasitas SDM bagi Pelaku Usaha Mikro yang diikuti 45 Pelaku Usaha di Kota Kendari itu, ditutup langsung Kepala Disdagkop dan UKM Kota Kendari Aldakesutan Lapae, didampingi Kasubag TU UPTD PLUT KUMKM Kota Kendari Ita Rahadian R. Syam, Sabtu malam (31/8/2024).

Dikesempatan itu, Kadisdagkop dan UKM Kota Kendari Aldakesutan Lapae mengatakan pelatihan seperti ini penting dilakukan, untuk melatih pelaku usaha dalam meningkatkan kapasitas atau kemampuan untuk mengembangkan usahanya lebih baik lagi.

Kerena menurutnya, pelaku usaha menjadi prioritas khususnya di sektor UMKM, karena dianggap mampu memberikan kontribusi yang signifikan bagi pertumbuhan ekonomi.

Kata dia, para pelaku usaha ini memiliki kontribusi dan peranan yang cukup besar dalam perekonomian seperti perluasan kesempatan kerja dan penyerapan tenaga kerja.

“Mudah-mudahan setelah mengikuti pelatihan ini dapat membuka peluang kemitraan dan mengembangkan jaringan usaha dan produktivitas,”imbuhnya.

Sebelumnya kegiatan tersebut dibuka langsung Asdep Pengembangan Kapasitas Usaha Mikro Kementerian Perdagangan Koperasi dan UKM RI Ari Anindya Hartika yang diwakili Kepala Bidang Pendampingan SDM Kementerian Perdagangan Koperasi dan UKM RI, Ady Aldrin Bahrony, Rabu (28/8/2024).

Hadir dalam kegiatan pembukaan tersebut Kepala Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kendari Aldakesutan Lapae yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kendari Aljabar. Kegiatan ini juga menghadirkan beberapa mentor/narasumber diantaranya, dari Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBMITB) Agustina Cipta Rahayu.

Kepala Bidang Pendampingan SDM Kementerian Perdagangan Koperasi dan UKM RI, Ady Aldrin Bahrony saat membuka kegiatan dalam sambutannya mengatakan program ini bertujuan untuk melatih pelaku usaha untuk meningkatakan kapasitas atau kemampuan dalam mengembangkan usahanya lebih baik lagi.

“Saya harapkan para pelaku usaha di Kota Kendari bisa meningkatkan, kapasitas dan kemampuan dalam usahanya, sehingga ekonomi dapat berkembang,” harapnya.

“Saya juga harapkan kepada teman-teman pelaku usaha berupaya agar PLUT KUMKM Kota Kendari ini dijadikan sebagai rumah untuk UMKM dan dijadikan ajang pusat kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan Kementerian Perdagangan Koperasi dan UKM RI. Dan diharapkan juga dari PLUT mampu berkolaborasi dengan berbagai lembaga baik di akademisi maupun dari lembaga UMKM lainnya,”pungkasnya.

Sementara itu, Kepala dinas Perdagangan, Koperasi dan UKM Kota Kendari Bapak “Alda Kesutan Lapae yang diwakili oleh Sekretaris Dinas Perdagangan Koperasi dan UKM Kota Kendari Aljabar sangat mengapresiasi penyelengaraan kegiatan ini.

“Kegiatan pelatihan ini diharapkan bisa memberi manfaat dan pengetahuan baru untuk teman-teman pelaku usaha. Serta kegiatan ini diharapkan bisa dilaksanakan secara berkesinambungan agar skill pelaku usaha bisa terus ditingkatkan sehingga usaha mereka bisa berkembang lebih baik lagi,”harapnya.

Ditempat yang sama Kepala Kasubag TU UPTD PLUT KUMKM Kota Kendari Ita Rahadian R. Syam mengatakan kegiatan pelatihan ini di ikuti sebanyak 45 Pelaku Usaha Mikro di Kota Kendari.

“Kami melibatkan ini para palaku usaha yang belum pernah melakukan pelatihan,”ujarnya.

Dia berharap kegiatan-kegiatan Kementerian Perdagangan Koperasi dan UKM RI lebih banyak dilakukan di daerah seperti di PLUT KUMKM Kota Kendari.

  • Bagikan