Dinas Pariwisata Kendari Siapkan Lokasi Wisata Jelang Libur Lebaran

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Dinas Pariwisata Kota Kenari, Sulawesi Tenggara (Sultra) memberikan rekomendasi beberapa tempat wisata libur Idul Fitri 1445 H di Kota Kendari bagi masyarakat Sultra secara umum.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Kendari, Nurhaeda, mengagakan, sejumlah objek wisata khususnya wisata bahari di Kota Kendari, setiap tahunnya menjadi tujuan wisata masyarakat Sultra, pada moment libur hari raya.

“Tempat wisata yang wajib masyarakat kunjungi yaitu Pantai Nambo, Kebun Raya Nanga-nanga, dan beberapa destinasi wisata lainnya,” ujarnya.

Tempat wisata di Kota Kendari lanjut Nurhaeda, memiliki beberapa spot baru, serta beberapa alternatif tempat wisata yang tentu dengan akses yang mudah dituju.

“Masih ada beberapa alternatif tempat wisata lainnya seperti Kawasan Majid Teluk Al Alam Kendari, Kawasan kali Kadia,

Kawasan Papalimbang, dan beberapa ruang terbuka hijau yang menjadi tempat alternatif untuk dikunjungi,” jelasnya.

Pintu Gerbang Objek Wisata Pantai Nambo

Pantai Nambo

Dari beberapa objek wisata yang ada di kota Kendari kata Nurhaeda, maka destinasi wisata Pantai Nambo yang paling banyak dikunjungi warga sebagaimana pengalaman tahun-tahun sebelumnya.

Untuk itu, pihaknya telah mempersiapkan sebaik mungkin Distinasi wisata Pantai Nambo untuk dikunjungi warga pada saat libur Lebaran 2024.

“Kita dari Dinas Pariwisata sudah menyiapkan dalam rangka menyambut setelah Lebaran 2024 terutama di destinasi wisata Pantai Nambo,” katanya.

Ia menjelaskan Pantai Nambo salah satu wisata terbaik Kota Kendari karena lebih dekat dari pusat kota.

“Karena itu penghasil PAD kita yang dikelola Dinas Pariwisata,” jelasnya.

Dispar Kota Kendari kata dia, juga telah memperbaiki dan membersihkan fasilitas yang akan digunakan wisatawan.

“Saat ini kita sudah berbenah kebersihan di dalam lokasi wisata, termasuk gazebo-gazebo,” ujarnya.

Sekda Kota Kendari Ridwansyah Taridala.

Sementara itu, Sekda Kota Kendari, Ridwansyah Taridala, meminta kepada pengunjung Pantai Mambo agar senantiasa menjaga kebersihan pantai tersebut.

Saya minta pengunjung yang memadati pantai untuk tetap menjaga kebersihan, jangan membuang sampah sembarangan karena dapat merusak keindahan pantai,” katanya.

Ia menyarankan agar sampah organik maupun anorganik dibuang di tempat yang sudah disediakan oleh petugas kebersihan.

“Jangan sampai sampah dibuang sembarangan, buanglah pada tempat yang sudah kami sediakan baik di pinggir jalan pantai maupun di tempat lainnya,” kata Ridwansyah.

Dia juga meminta petugas kebersihan pantai agar tetap mengingatkan pengunjung yang membuang sampah sembarangan. Peralatan kebersihan harus selalu disiapkan sehingga mempermudah untuk membuang sampah seperti mobil kebersihan dan lainnya.

Kebun Raya kendari

Kebun Raya Kendari

Salah satu objek wisata yang banyak dikunjungi warga saat hari libur adalah Kebun Raya Kendari sebagai kawasan konservasi tumbuhan, memiliki fungsi yaitu konservasi, penelitian, pendidikan, wisata dan jasa lingkungan.

Salah satu Kebun Raya Daerah yang berlokasi di kawasan Perkotaan adalah Kebun Raya Kendari. Dengan megusung tema Kawasan Konservasi Tumbuhan Ultra Basic, Kebun Raya Kendari menjadi salah satu tempat wisata yang digemari masyarakat.

Kebun raya kendari berada di Kelurahan Anduonohu, Kecamatan Poasia, Kota Kendari. Untuk mencapai lokasi, anda hanya membutuhkan waktu kurang lebih 30 menit dari pusat kota. Selain untuk mengenal jenis tanaman langka, kebun raya ini didesain dengan bangunan yang lebih modern agar wisatawan lebih nyaman. Taman dan sungai di kebun ini akan membuat wisatawan mau berlama lama menghabiskan waktu. Fasilitas yang disediakan juga sudah sangat lengkap, dari halaman parkir, ruang pertemuan, mushola, menara pandang dan gazebo.(Adv)

 

  • Bagikan