Dinas Dalduk-KB Konawe Fokus Pengananan Stunting Melalui Intervensi Gizi

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Pemerintah Kabupaten Konawe, melalui Dinas Pengendalian Penduduk dan KB berkomitmen untuk menekan angka prevalensi stunting di daerah itu.

“Kita akan fokus melakukan intervensi terhadap penanganan stunting, karena stuting dapat menjadi prediktor rendahnya kualitas sumber daya manusia yang berpengaruh terhadap produktivitas dan pertumbuhan ekonomi suatu bangsa,” kata Kadis Dalduk dan KB Konawe, Tam Sati Sam, Kamis (23/2/23).

Atas dasar itu kata dia, sehingga pencegahan dan penanggulangan stunting menjadi sangat penting hari ini sebagai langkah awal untuk menghindari dampak besar bagi bangsa ini.

Menurut dia, permasalahan stunting tidak bisa hanya diselesaikan melalui program gizi saja, tapi harus terintegrasi dengan program lainnya.

“Kompleksnya masahlah stunting dan banyaknya stakeholder yang terkait dalam intervensi gizi spesifik dan sensitif memerlukan pelaksanaan yang dilakukan secara terkordinir dan terpadu kepada sasaran prioritas,” katanya.

Untuk itu katanya, maka tim terpadu pencegahan stunting Kabupaten Konawe yang melibatkan beberapa dinas terkait harus melakukan penyelenggaraan intervensi gizi secara spesifik dan konvergen dilakukan dengan mengintegrasikan dan menyelaraskan berbagai sumber daya untuk mencapai tujuan pencegahan stunting.

“Upaya konvergensi pencegahan stunting dilakukan mulai dari tahap perencanaan dan penganggaran, pelaksanaan hingga pemantauan evaluasi,” pungkasnya.

 

  • Bagikan