Digelar Di Kendari, PTQ Nasional ke-53 Diikuti 222 Peserta

  • Bagikan
Dirut LPP RRI Hendrasmo (Kedua kanan) bersama beberapa direktur lainnya saat Konfrensi Perss dalam rangka pembukaan kegiatan Pekan Tilawatil Qur'an (PTQ) Nasional LPP RRI ke-53 tahun 2023 di salah satu hotel di Kendari, Jumat malam

Kendari, Sibernas.di – Direktur Utama LPP RRI Hendrasmo mengatakan, kegiatan Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) Nasional ke-53 tahun 2023 di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) merupakan salah satu bentuk layanan publik LPP RRI yang bertujuan menyambut dan menyemarakkan bulan suci Ramadhan.

“Jadi kegiatan PTQ Nasional yang setiap tahun dilaksanakan secara serentak oleh seluruh kantor LPP RRI dari 72 Satuan Kerja (Satker) di 17 Korwil di seluruh Indonesia,” katanya saat melakukan Konfrensi Perss di Kendari, Jumat malam.

Konferensi pers yang juga dihadiri beberapa Direktur dan Dewan Pengawas LPP RRI itu diantaranya Direktur Layanan dan Pengembangan Usaha (LPU), Yonas Markus Tuhuleruw, Direktur Produksi, Mistam dan mewakili dari Kementerian Agama RI yakni Kasubdit MTQ, Risal Ahmad Rangkuti.

Ia mengatakan, adapun tema PTQ tahun ini yakni “Mewujudkan Masyarakat Toleran Berkarakter Qur’ani Untuk Indonesia Kuat” diikuti 222 peserta dari hasil seleksi awal sebanyak 3.815 peserta dari seluruh LPP RRI di Indonesia.

Penetapan tema ini, kata Dirut Hendrasmo, sebagai pengingat bagi setiap anak bangsa untuk tetap mewarisi dan merawat kebhinekaan sebagai komitmen bersama membangun Indonesia yang bermartabat, adil, makmur dam sejahtera sebagaimana cita-cita Bangsa Indonesia.

Selain untuk menyemarakkan bulan Ramadhan, juga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat (UMKM) serta kearifan lokal dengan berbagai karya nyata yang dapat diperlihatkan dalam berbagai kegiatan dan pameran selama berlangsungnya PTQ.

“PTQ RRI ke-53 tahun 2023 di Bumi Anoa, Sultra ini merupakan pelaksanaan pertama setelah Pandemi Covid-19 dan pencabutan PPKM oleh Pemerintah. Oleh karena itu dalam pelaksanaannya tidak boleh lalai, tetap mematuhi protokol kesehatan secara ketat serta patuhi semua peraturan perundang-undangan yang berlaku khususnya yang menyangkut Kesehatan,” ujar Hendrasmo.

Sementara itu Direktur LPU LPP RRI, Yonas Markus Tuhuleruw menambahkan, bahwa PTQ RRI terselenggara atas kolaborasi dari berbagai pihak, diantaranya Pemprov Sulawesi Tengara dan Kementerian Agama Republik Indonesia.

“Kami bersyukur dapat melakukan kolaborasi dengan Kementerian Agama, dimana PTQ RRI tahun ini untuk dewan Hakim dan Panitera ditetapkan, ditunjuk dan di sumpah oleh Kementerian Agama. Selain itu dari empat katagori lomba, kategori Tartil Qur’an khusus bagi penyandang Disabilitas Sensorik Netra Putra-putri yang tahun ini dilaksanakan untuk tahun ke-2 jumlah pesertanya bertambah. Sementara tiga kategori lomba yang tiap tahun dilombakan yaitu kategori lomba Tilawah, Tahfidz dan Tausiah”, ungkap Yonas.

Dikatakan, dari tahun ke tahun pesertanya terus bertambah, termasuk kategori lomba baru untuk para saudara kita penyandang disabilitas, tahun ini pesertanya juga signifikan diikuti oleh para pelajar berusia muda dan kaum milenial.

Puncak pembukaan PTQ Nasional LPP RRI yang akan dilaksanakan mulai 1-6 April, akan dibuka Wakil Menteri Agama RI, Dr.H Zainut Tauhid Sa’adi, MSi di pusatkan di alun-alun Eks MTQ Kota Kendari yang diawali dengan kegiatan pawai pada pagi hari, lalu dilanjutkan dengan pembukaan pameran UMKM dan acara buka puasa bersama dengan ribuan anak yatim piatu dan duafa.

  • Bagikan