Bupati Konut Terima Langsung Bantuan Sarana Pemadam Kebakaran dari Kemendagri

  • Bagikan

Jakarta, sibernas.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) menerima Bantuan Trantibumlinmas Sub Urusan Bencana Dan Sub Urusan Kebakaran dari Direktorat Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri.

Bantuan Sarana Prasarana Kebakaran tersebut berupa 1 Unit Portable Fire Pump (pompa pemadam kebakaran)

Bantuan ini diserahkan secara simbolis oleh Ditjend Bina Adwil Kementrian Dalam Negeri Republik Indonesia Dr. Safrizal ZA, kepada Bupati Konut H. Ruksamin.

Penyerahan simbolis ini berlangsung di Redtop Hotel & Convention Center, Jl Pecenongan No 72 Jakarta Pusat pada Senin, 11 Desember 2023

Saat menerima bantuan itu Bupati didampingi Kadis Pemadam Kebakaran Konut Djasmudin, dan Kabag Prokopi Sutriawan.

Kehadiran Bupati menerima bantuan ini secara langsung, tidak hanya mencerminkan tanggung jawabnya terhadap keamanan masyarakat di wilayahnya, tetapi juga sebagai pemimpin yang berdedikasi untuk meningkatkan kapasitas keamanan pemadam kebakaran di wilayahnya.

Bantuan berupa unit pompa portable kebakaran dianggap sebagai langkah konkret untuk memperkuat kapabilitas pemadam kebakaran di tingkat lokal.

Sekaligus memastikan bahwa wilayah Konawe Utara dapat dengan cepat dan efektif merespons kejadian kebakaran.

Ditjen Bina Adminitrasi Wilayah Kemendagri, Dr. Safrizal dalam sambutannya menegaskan bahwa penyerahan bantuan pemerintah untuk sub urusan bencana dan kebakaran guna memaksimal pelayanan kepada masyarakat di bidang bencana dan kebakaran.

Ia berharap agar bantuan itu dapat dimanfaatkan untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Dalam kesempatan itu, ia juga memberikan pujian kepada Bupati Konawe Utara atas kepemimpinan tanggapnya dalam menangani warganya dari bencana banjir tahun 2019, dan hadir secara langsung menerima bantuan tersebut

Ia menilai langkah-langkah Bupati telah berhasil mengurangi dampak negatif dan memberikan perlindungan maksimal kepada masyarakat di wilayah tersebut.

Bupati Konut Ruksamin usai menerima bantuan itu mengungkapkan rasa terima kasihnya atas bantuan tersebut.

Ia mengakui bahwa unit pompa portable kebakaran ini akan menjadi aset yang sangat berharga dalam upaya penanggulangan bencana di wilayahnya.

Dengan adanya bantuan ini, diharapkan Kabupaten Konawe Utara dapat lebih siap dan responsif dalam menghadapi potensi kebakaran serta mengurangi dampak yang mungkin terjadi.

Bantuan ini menunjukkan kolaborasi positif antara Pemerintah Kabupaten Konawe Utara dan Kemendagri dalam menjaga keselamatan dan keamanan masyarakat.

Diketahui hanya Bupati Konawe Utara dan Bupati Banggai untuk kepala Daerah yang menerima bantuan tersebut secara langsung.

Selebihnya Kabupaten lain yang menerima bantuan serupa diterima dari kepala Dinas terkait.

  • Bagikan