BPS Rilis IKJHI 2024 Sangat Memuaskan, Kakanwil Kemenag Sultra Beri Apresiasi

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Badan Pusat Statistik (BPS) menyampaikan Indeks Kepuasan Jemaah Haji Indonesia (IKJHI) 2024 sangat memuaskan, yakni mencapai angka 88,20. Indeks Kepuasan Jemaah Haji 88,20 ini, masuk dalam kategori sangat memuaskan.

Angka ini mengalami kenaikan sebesar 2,37 dibandingkan dengan tahun 2023, sebagaimana diungkap oleh Direktur Sistem Informasi Statistik Badan Pusat Statistik (BPS), Joko Parmiyanto. Menurut Joko, berbagai inovasi dan terobosan yang dilakukan Kemenag mampu mendongkrak IKJHI yang sempat turun pada 2023.

“Survei ini kita selenggarakan dengan metode ilmiah, dengan kita menggali berbagai aspek dimensi pembinaan, pelayanan, dan perlindungan. Tiga aspek ini itu kemudian kita cek betul-betul ke lapangan, ke jamaah,” ujar Joko Parmiyanto di Jakarta, Jumat, (20/9/2024).

Joko menjelaskan, survei dilakukan dengan pengisian kuesioner secara mandiri atau self enumeration. Selain itu juga dilakukan wawancara dan observasi untuk mengumpulkan data kualitatif guna memperkaya informasi dan mengamati fasilitas, serta proses pelayanan yang diterima jemaah.

“Alokasi sampel dilakukan pada 14.400 haji di tujuh titik pengamatan, yakni Bandara Madinah kedatangan, Bandara Jeddah kedatangan, Madinah gelombang satu, Makkah Pra-Armuzna, Armuzna, Makkah Pasca-Armuzna dan Madinah gelombang dua,” ujar dia.

Terkait kesuksesan lancarnya penyelenggaraan ibadah haji musim haji 1445 H/2024 M menurut survey yang dilakukan BPS tersebut, Kakanwil Kemenag Sultra, H. Muhamad Saleh sangat mengapresiasi. Dirinya secara khusus menyampaikan rasa terima kasih kepada Menteri Agama RI, H. Yaqut Cholil Qoumas atas setiap kebijakan yang inovatif yang telah dilakukan sehingga hasil yang sangat memuaskan ini di rasakan oleh seluruh jemaah haji, khususnya di Sultra.

Dikatakan, suksesnya penyelenggaraan ibadah haji tahun ini tidak terlepas dari ikhtiar seluruh pihak yang berpartisipasi dalam penyelenggaraan ibadah haji mulai dari tahap persiapan, operasional hingga pemulangan.

“Apresiasi dan penghargaan sekaligus ucapan terima kasih kepada seluruh stakeholder yang terlibat dalam layanan haji, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi PPIHD, Kabupaten dan Kota jajaran Kemenag dari pusat hingga kecamatan termasuk para jemaah haji khususnya jemaah haji Sultra.

Sebagaimana yang dirilis oleh BPS pusat, termuat lima jenis layanan haji di tahun 2024 yang mengalami peningkatan kepuasan paling tinggi dibanding tahun sebelumnya, yakni konsumsi di Armuzna, transportasi bus armuzna, layanan umum, konsumsi non-armuzna, dan transportasi bis sholawat.

  • Bagikan