BPJamsostek Kendari Perluas PLKK ke Seluruh Puskesmas di Muna Barat

  • Bagikan

Muna Barat, sibernas.id – BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Kendari melakukan perluasan PLKK (Pusat layanan Kecelakaan Kerja) di Muna Barat, Rabu 15 November 2023.

Perluasan PLKK ini dilakukan kepada seluruh Puskesmas yang ada di Muna Barat, kegiatan ini merupakan komitmen dari BPJS Ketenagakerjaan agar seluruh peserta yang ada di Muna Barat mudah untuk mendapatkan penanganan bila mengalami kecelakaan kerja.

Pada kegiatan tersebut, juga dilakukan sosialisasi program serta penyampaian alur pelayanan PLKK.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muna Barat, La Ode Mahajaya, dalam sambutannya menyampaikan, dengan adanya perluasan PLKK ini, kami berkomitmen untuk memberikan layanan terbaik bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Terpisah, Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Cabang Kendari Muhamad Abdurrohman Sholih menyampaikan, ruang lingkup Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), tidak hanya untuk pekerja formal, tapi juga pekerja informal di wilayah Kabupaten Muna Barat dapat mudah menjangkau pusat layanan kecelakaan kerja. Perlu diketahui juga tidak hanya melindungi para pekerja saat berangkat dan pulang kerja serta seluruh aktivitas di tempat kerja, namun juga termasuk kasus Penyakit Akibat Kerja (PAK) dan meninggal saat bekerja.

Ia juga menjelaskan, tidak sedikit kejadian pasien meninggal dunia di dalam perjalanan rumah sakit karena lokasi kejadian dengan rumah sakit cukup jauh.

“Dengan adanya perluasan jaringan PLKK di seluruh Puskesmas yang ada di Muna Barat, maka semakin mudah bagi para tenaga kerja yang mengalami kecelakaan kerja untuk cepat mendapatkan penanganan dan pengobatan tanpa dibebani biaya,”ucapnya.

  • Bagikan