APBD Konawe 2023 Diproyeksikan naik Rp2,2 T

  • Bagikan
Sekda Konawe

Konawe, Sibernas.id – Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra), Diproyeksi naik sekitar Rp2,2 Triliun pada tahu 2023 mendatang.

Sekretaris Daerah (Sekda) Konawe, Ferdinand Sapan, Senin (5/9/22) fermengaku, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe memproyeksi akan terjadinya kenaikan APBD pada tahun 2023 mendatang sebesar Rp2,2 triliun, yakni naik signifikan dari sebelumnya dari Rp1,4 triliun.

“Tahun ini Rp1,4 triliun, kemungkinan tahun depan akan naik lagi,” ungkap Jendera ASN Konawe ini.

Menurutnya, alasan kenaikan APBD itu karena Pemkab Konawe mendapat ruang dari pemerintah pusat untuk mengusulkan program yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK). Dengan dasar itu, Pemkab memaksimalkan usulan program tersebut sehingga dapat mencapai selisih angka Rp600 miliar.

“Alhamdullah, kita (Konawe) mendapat porsi pengusulan DAK yang besar sampai mencapai 9 bidang kategori, dibandingkan dengan daerah lain yang hanya diberikan 5 batas kategori, sehingga Pemkab menangkap peluang itu dengan mengusulkan sebanyak mungkin, sesuai batas maksimal porsi yang diberikan itu,” katanya.

Terkait dengan itu, Sekda Ferdinan tidak menyebutkan secara spesifik soal usulan anggaran DAK yang bisa mencapai Rp600 miliar itu. Namun katanya, sasaran prioritas dalam program pembiayaan itu melekat dibeberapa dinas tekhnis diantaranya, Dinas PUPR, Diknas, Pertanian dan beberapa dinas lainnya.

“Kalau untuk sasarannya yang pasti akan membiayai sektor infrastruktur dan perumahan, juga yang dapat menunjang peningkatan perekonomian masyarakat, termasuk bidang ekonomi pertanian, peternakan dan perikanan,” tandasnya.

  • Bagikan