Anggota Koramil 08/Mandonga Bersama Warga Laksanakan Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Anggota Babinsa Koramil 1417-08/Mandonga Kodim 1417/Kendari melaksanakan kegiatan program Karya Bakti dalam rangka pembersihan samping kanan kiri jalan, Kelurahan Wowawanggu, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), Rabu (28/8/2024).

Kegiatan karya bakti ini dilaksanakan karena kondisi bahu/ruas jalan ditumbuhi rumput serta semak yang menjalar ke bahu jalan dan saluran air/drainase.

Dengan gotong royong, Serka La Ira beserta anggota Babinsa lainnya bersama masyarakat melaksanakan pembersihan rumput liar menggunakan mesin pemangkas dan sampah.

“Pelaksanaan ini guna mempercepat waktu proses pengerjaan dan tentunya bersih, rapih dan manfaatnya dapat dinikmati masyarakat setempat,” katanya.

Kegiatan gotong-royong ini merupakan sarana kebersamaan antara Anggota Babinsa dan warga wilayah binaan dalam mendukung pemerintah tercapainya kenyamanan wilayah serta kebersihan lingkungan.

“Selain itu juga sebagai upaya agar masyarakat selalu peduli dan memupuk jalinan kerja sama yang baik dengan Babinsa guna semakin kuat dalam mewujudkan kemanunggalan TNI dengan Rakyat,” pungkas Serka La Ira.

Dia juga mengajak seluruh warga untuk terus meningkatkan kepedulian terhadap sampah. Sebab, jika sampah tidak dikelola dengan baik, akan berdampak pada berbagai faktor yang pada akhirnya menggangu lingkungan.

Karena itu, kepedulian masyarakat terhadap sampah sangat dibutuhkan demi kenyamanan bersama. Jika tidak peduli dan membuang sampah sembarangan, bisa saja jadi penyebab banjir.

“Untuk itu jagalah kebersihan lingkungan dengan baik. Cintailah kebersihan, sebab bersih itu indah, karena erat sekali hubungannya dengan kesehatan. Jangan buang sampah sembarangan dan buanglah pada tempatnya,”pungkasnya.

Salah satu warga masyarakat Nurdin mengapresiasi kerja bakti yang dilakukan secara goto royong. Dia mengatakan, budaya gotong royong mencerminkan kebersamaan yang tumbuh dalam lingkungan masyarakat.

“Dengan gotong royong, masyarakat mau bekerja secara bersama-sama untuk membantu orang lain atau untuk membangun fasilitas yang bisa dimanfaatkan bersama,” ujarnya.

  • Bagikan