Diskominfo Konawe Berikan Bantuan Fasilitas Internet Gratis di 84 Titik

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Konawe memberikan bantuan pembangunan infrastruktur layanan akses internet gratis yang tersebar di 84 titik di Kabupaten Konawe tahun 2024.

Hal tersebut disampaikan langsung Kepala Diskominfo Konawe Drs.H. Muh. Akib Ras, M.Si saat dikonfirmasi saat menghadiri kegiatan Lomba 10 Program PKK di desa Uelawu Kecamatan Konawe, Sabtu (28/9/2024).

Ia mengatakan, saat ini Kominfo Konawe, mendapatkan bantuan Infrastruktur Layanan Akses Internet (Al) gratis dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (BAKTI Kominfo RI). Bantuan tersebut tersebar di sejumlah wilayah yang belum terjangkau jaringan internet.

“Titik lokasi yang mendapat bantuan akses internet gratis ini antara lain di beberapa Sekolah Dasar (SD), Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Puskesmas serta Kantor Desa,”ungkapnya.

Dikatakan, program ini juga merupakan komitmen dari Pemkab Konawe dalam rangka mengurangi kesenjangan digital antar wilayah terutama wilayah-wilayah yang susah mendapatkan akses internet.

“Untuk tahun ini kita mendapatkan alokasi bantuan 84 titik yang sebelumnya sudah diusulkan melalui aplikasi PASTI,”ungkapnya.

Ia menambahkan, sebelumnya Diskominfo Konawe mengusulkan 120 titik berdasarkan hasil pengamatan lapangan serta permintaan masyarakat, akan tetapi yang terakomodir hanya 84 titik pada Tahun 2024.

“Program ini dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di era digital. Percepatan penyediaan layanan jaringan internet di desa merupakan instruksi Presiden yang bertujuan memberikan akses internet untuk membantu pertumbuhan ekonomi, meningkatkan taraf hidup masyarakat di mana pada era digital ini semua serba sosial media. Infrastruktur ini nantinya akan bekerjasama dengan BUMDES untuk kelanjutannya,”jelasnya.

Dia berharap bantuan infrastruktur layanan internet gratis ini nantinya dapat bermanfaat bagi seluruh kalangan masyarakat agar dapat mendukung kemajuan daerah dan masyarakat dapat lebih mudah dalam mendapatkan informasi serta layanan lainnya.

Sementara itu, Kepala Desa Uelawu, Nurdin mengucapkan terima kasih banyak atas bantuan Fasilitas Internet untuk masyarakat dan pelajar di Desa Uelawu ini.

“Perkembangan teknologi informasi dan telekomunikasi yang begitu pesat telah mengubah peradaban dunia dan perilaku hidup manusia, kebutuhan akan akses internet menjadi sesuatu yang penting, dan vital bagi sebagian besar masyarakat,” terangnya.

 

  • Bagikan