Tim Penilai Lomba PKK Tingkat Sultra Lakukan Penilaian di Desa Uelawu Konawe

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Tim Penggerak PKK Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) melakukan penilaian Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Sultra Tahun 2024, dengan menyambangi Desa Uelawu, Kecamatan Konawe, Kabupaten Konawe, Sabtu (28/9/2024).

Dalam kunjungan tersebut Tim Penilai lomba PKK yang dipimpin oleh Ketua TP PKK Sultra yang diwakili oleh Sekretaris Pokja 3 TP PKK Sultra Anita Indriasari bersama keempat anggota tim penilai. Dalam kegiatan tersebut dihadiri langsung Penjabat (Pj) Bupati Konawe Stanley, S.E., S.SiT., M.M bersama Pj Ketua TP PKK Kabupaten Konawe, Kepala OPD Lingkup Pemkab Konawe, Camat, Lurah, Kades Uelawu serta para tamu undangan lainnya.

Mengawali sambutan, Pj Bupati Konawe Stanley mengucapkan terima kasih, karena Desa Uelawu ditunjuk sebagai perwakilan dari Kabupaten Konawe pada Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Sultra 2024.

“Desa Uelawu memang sudah beberapa kali mengikuti lomba 10 program pokok PKK baik itu tingkat kabupaten maupun provinsi, sehingga kemi melakukan segala persiapan yang menjadi parameter di dalam penilaian 10 program PKK,” ujarnya.

Ia menambahkan, 10 program ini kalau kita cermati dan kita analisa ini adalah merupakan poin-poin sangat penting di dalam program strategis pembangunan sehingga tidak bisa kita pungkiri bahwa di dalam menyelenggarakan roda pemerintahan peran perempuan atau ibu-ibu itu sangat dibutuhkan.

“Peran perempuan itu sangat dibutuhkan sehingga harus berintegrasi antara program pemerintah dengan program yang ada di PKK, karena impiannya akan mendorong pertumbuhan ekonomi di kabupaten Konawe,”ujarnya.

Apalagi, sambung dia, tingkat pertumbuhan ekonomi yang ada di Kabupaten Konawe ini lebih didominasi dari sektor industri dan pertanian sehingga bagaimana kita kembangkan sektor UMKM.

“Sehingga saya minta dinas terkait untuk terus mensupport bagaimana memberdayakan atau menfasilitasi kegiatan yang ada di PKK sehingga di dalam penyelenggaraan pembangunan mau tidak mau kita harus akui bahwa perempuan itu bukan hanya sebagai pendamping, mendukung dan mensupport daripada kegiatan bapak-bapak (suami) sebagai penyelenggara pemerintahan baik dari tingkat Pusat, Provinsi, Kabupaten, Kecamatan sampai ke desa benar-benar sudah memberdayakan istrinya,”pungkasnya.

Sementara itu, Sekretaris Pokja 3 TP PKK Sultra Anita Indriasari dalam sambutannya mengatakan, Tim Penilai Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Sultra telah melakukan penilaian di 8 kabupaten, penilaian ke-8 adalah di Kabupaten Konawe.

“Hari ini Tim penilaian Lomba 10 program pokok PKK Tingkat Sultra akan melaksanakan salah satu program kerja yang telah disusun di tahun 2024 yaitu penilaian lomba 10 program Pokok PKK,”ujarnya.

“Setelah kita melakukan penilaian PKK, di tiap kabupaten, kemudian akan ditetapkan juara 1, 2 dan 3 serta juara harapan 1, 2, dan 3 dan bagi pemenang lomba akan mendapatkan trophy dan piagam penghargaan dari ketua tim penggerak PKK Provinsi Sultra,”ungkapnya.

Untuk itu, dia berharap kepada tim penggerak PKK secara berjenjang dalam pelaksanaan kegiatan yang berkaitan dengan tugas-tugas atau kegiatan PKK di masa yang akan datang lebih mampu menjabarkan dan melaksanakan pengembangan kegiatan 10 program pokok PKK yang disesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing daerah.

10 Program Pokok PKK yang dimaksud meliputi:

1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila,

2. Gotong Royong,

3. Pangan,

4. Sandang,

5. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga,

6. Pendidikan dan Keterampilan,

7. Kesehatan,

8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi,

9. Kelestarian Lingkungan Hidup, dan

10. Perencanaan Sehat.

  • Bagikan