Hadiri Peringatan HAN Tingkat Sultra, Sekda Sultra: Perlindungan Terhadap Anak Menjadi Prioritas Penting

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Penjabat (Pj) Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra, yang diwakili oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Sultra, Drs. Asrun Lio, menghadiri Peringatan Hari Anak Nasional (HAN) Tingkat Sultra tahun 2024, berlangsung di Aula Bahteramas, Kantor Gubernur Sultra, Senin, (23/9/2024).

Pada acara yang penuh semangat dan kehangatan tersebut, turut hadir sejumlah pejabat penting, antara lain Forkopimda Sultra, Asisten II Setda Sultra, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Sultra, para Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemprov Sultra, serta pejabat terkait lainnya.

Dalam sambutannya, Sekda Sultra Drs. Asrun Lio menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh anak-anak di Provinsi Sultra.

Ia berharap melalui peringatan HAN tahun ini, anak-anak di Sulawesi Tenggara semakin rajin beribadah, belajar, berolahraga, serta berbakti kepada orang tua, sehingga mampu menjadi generasi penerus yang tangguh untuk membangun masa depan bangsa.

“Anak Terlindungi, Indonesia Maju” menjadi tema HAN 2024. Tema ini sangat relevan dengan kebutuhan saat ini, di mana perlindungan terhadap anak-anak menjadi prioritas penting,”katanya.

Dia juga menekankan pentingnya menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman bagi anak-anak, sehingga mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan optimal, terhindar dari kekerasan, serta memiliki masa depan yang cerah.

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa selama beberapa tahun terakhir, pemerintah terus berupaya melaksanakan dua agenda utama terkait anak-anak, yaitu perlindungan dan pemberdayaan. Pemerintah bertanggung jawab melindungi anak-anak dari berbagai bentuk kejahatan, kekerasan, eksploitasi, dan diskriminasi, serta memastikan anak-anak mendapatkan pendidikan yang layak.

Lebih lanjut, Sekda, Asrun Lio menyampaikan apresiasinya kepada empat kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara yang telah meraih predikat Kabupaten/Kota Layak Anak pada tahun 2023, yaitu Kota Kendari, Kabupaten Kolaka, Kabupaten Kolaka Utara, dan Kabupaten Konawe Utara.

Ia berharap pada tahun 2024, lebih banyak kabupaten/kota di Sulawesi Tenggara yang meraih predikat tersebut, demi mewujudkan Provinsi Sulawesi Tenggara sebagai provinsi yang layak anak menuju Indonesia Layak Anak (IDOLA) 2030.

Dia juga memberikan pesan kepada seluruh anak-anak Sulawesi Tenggara agar terus belajar, rajin beribadah, berolahraga, serta menjauhi narkoba dan pergaulan yang tidak baik. Ia juga berharap anak-anak Sulawesi Tenggara dapat tumbuh menjadi generasi yang unggul, berprestasi, dan siap bersaing di masa depan.

“Selamat Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2024,” ujarnya.

Setelah menyampaikan sambutannya, Sekda Sultra secara simbolis menekan tombol peringatan Hari Anak Nasional Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara Tahun 2024. Ia didampingi oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3A-P2KB) Provinsi Sultra, Asisten II Setda Sultra, serta perwakilan Forkopimda Sultra.

Dalam kesempatan tersebut, acara semakin meriah dengan kehadiran tiga anak berprestasi yang turut mendampingi penekanan tombol, yakni:

1. Nabil Musyara asal Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Kolaka, yang juga merupakan Wakil Ketua Forum Anak Nasional dan anggota tim penyusun Suara Anak Indonesia Tahun 2024;
2. M. Ridho Al-Islami dari Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 2 Kendari, yang meraih juara 3 dalam ajang Musabaqah Tilawatil Qur’an Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara;
3. Anugrah Nur Isnai dari Madrasah Tsanawiyah Pesantren Ummusshabri, yang berhasil meraih juara harapan 3 dalam Lomba Baca Puisi Tingkat Kota Kendari.

Penekanan tombol ini menandai dimulainya serangkaian kegiatan peringatan Hari Anak Nasional di Sulawesi Tenggara, yang diharapkan menjadi momentum untuk terus memperkuat komitmen pemerintah dan seluruh elemen masyarakat dalam melindungi serta memberdayakan anak-anak sebagai generasi penerus bangsa.

  • Bagikan