Tim SAR Berhasil Evakuasi Penumpang KM Ekspress Cantika 168 yang Tabrak Karang

  • Bagikan

Konkep, sibernas.id – Tim SAR Gabungan berhasil evakuasi ratusan penumpang Kapal Motor (KM) Ekspress Cantika 168 rute Bau-Bau-Raha-Kendari yang kandas saat menabrak karang disekitar perairan Pulau Hari, Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Selasa (14/3).

Plt Kepala KPP Kendari Rudi menyatakan, pada pukul 13.05 Wita Comm Centre KPP Kendari menerima informasi dari Bapak Rafael (salah seorang penumpang) yang melaporkan telah terjadi kecelakaan kapal yakni KM Ekspress Cantika 168 rute-Bau-Bau-Raha-Kendari kandas saat menabrak karang disekitar perairan Pulau hari Kabupaten Konawe Kepulauan.

“Berdasarkan laporan tersebut, pada pukul 13.30 wita Tim Rescue KPP Kendari diberangkatkan dengan menggunakan KN SAR Pacitan dan RIB untuk memberikan bantuan SAR. Jarak LKK dengan Dermaga Utama Basarnas Kawasan Timur sekitar 12 NM,”katanya.

Pada pukul 13.50 Wita, kata dia, KM Ekspress Cantika 16 yang memuat 373 orang penumpang dan 8 ABK itu terbebas dari kandasnya dan melanjutkan pelayaran menuju Kendari.

“Pada pukul 14.00 wita RIB bertemu dengan KM Ekspress Cantika 168 dan mengawal kapal tersebut menuju Pelabuhan Nusantara Kendari Kendari bersama KNP 370 dan KM Prisilia 88. Pada pukul 14.30 Wita KM Ekspress Cantika 168 tiba di Pelabuhan Pusantara Kendari bersama seluruh POB dalam keadaan selamat,”ungkapnya.

Ia menambahkan, dengan tibanya kapal KM Ekspress Cantika 168 di Pelabuhan Nusantara Kendari dalam keadaan selamat, pada pukul 15.45 Wita Ops SAR dinyatakan selesai dan ditutup, seluruh unsur yang terlibat di kembalikan ke kesatuannya masing-masing.

  • Bagikan