166 Kades di Konawe Ikuti Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan di SPN Anggotoa

  • Bagikan
Para kepala desa yang ikut pelatihan peningkatan kapasitas di SPN Anggotoa

Konawe, Sibernas.id – Sebanyak 166 kepala desa (Kades) di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) mengikuti pelatihan Peningkatan Kapasitas Kepala Desa Terpilih Tahun 2022 di halaman Sekolah Polisi Negara (SPN) Anggotoa, Rabu (1/2/23).

Kegiatan itu dibuka secara resmi oleh Bupati Konawe, Kery Saiful Konggoasa, dan dihadiri langsung kepala SPN Anggotoa, Kapolres Konawe, Kejari Konawe, Pabung/1417 Kendari, Ketua Pengadilan Unaaha, Ketua Pengadilan Agama Unaaha, DPRD Konawe dan Sekertaris Daerah, Asisten dan para pimpinan OPD Kabupaten Konawe dan Camat se-Kab Konawe

Kery Saiful Konggoaasa atau dengan sapaan akrasb KSK ini menyampaikan beberapa point penting terkait tujuan pelatihan kapasitas desa di SPN Anggotoa.

“Tujuan penting atau esensi dari peningkatan kapasitas itu kata KSK yakni agar kepala desa harus pahami peran dan fungsi dalam menjalankan roda pemerintahan dengan baik,” katanya.

Menurut dia, para kepala desa dapat mewujudkan desa membangun dalam mewujudkan Kabupaten Konawe sebagai role model negeri maju dan sejahtera serta memahami aturan yang ada.

“Maka resiko kesalahan administrasi akan terhindar serta berdayakan potensi yang ada baik potensi Sumber Daya Alam maupun Sumber Daya Manusia yang ada di desa jadikan mereka partner diskusi dalam membangun desa,” katanya.

Bupati dua periode ini mengharapkan, para kepala desa dapat menjalin dan membuka komunikasi dengan para pihak yang ada di desa, terutama terkait seluruh perencanaan yang akan dilaksanakan dalam musyawarah desa serta transparansi dalam pengelolaan keuangan.

“Semestinya di laksanakan dan dipahami sesuai yang termaktub dalam peraturan mentri dalam negeri (Permendagri) nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan mMasyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Konawe, Keny Yuga Permana, menyebutkan bahwa dari pelatihan peningkatan kapasitas desa selama empat hari mulai tanggal 1- 4 Februari.

“Dari kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat dan nilai yang diinginkan bersama seluruh masyarakat di Konawe,” pungkasnya.

  • Bagikan