Wakili Pj Bupati, Sekda Konawe Launching Rumah Data Cinta Statistik dan Digitalisasi Pelayanan Publik

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik dan memperkuat peran data dalam pengambilan kebijakan, Kelurahan Tumpas, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) meresmikan Rumah Data Cinta Statistik. Program ini dirancang untuk mempermudah akses masyarakat terhadap data yang akurat dan terintegrasi, sekaligus sebagai bagian dari strategi pemerintah daerah dalam mewujudkan pelayanan yang berbasis digital.

Kegiatan ini dilaunching langsung Sekretaris Daerah (Sekda) Konawa. Dr. Ferdinand.,SP, MH. Turut hadir Kepala BPS Sultra, Kepala BPS Konawe, OPD lingkup Kabupaten Konawe, Camat se-kabupaten Konawe, Lurah se-Kabupaten Konawe dan Tokoh Masyarakat serta para tamu undangan lainnya, Rabu (16/10/2024).

Dalam sambutannya, Sekda Konawe Ferdinand menekankan pentingnya digitalisasi dalam pelayanan publik di era modern ini.

“Rumah Data Cinta Statistik bukan hanya menyediakan data yang dibutuhkan masyarakat dan pemerintah, tetapi juga menjadi pusat informasi yang dapat digunakan untuk menyusun kebijakan yang tepat sasaran. Dengan penerapan digitalisasi dalam pelayanan, kami berharap masyarakat akan merasakan proses birokrasi yang lebih mudah, cepat, dan transparan,” ujarnya.

Selain itu, di juga meresmikan penerapan digitalisasi pelayanan di Kelurahan Tumpas yang mencakup berbagai inovasi, mulai dari sistem antrian digital, pelayanan online untuk administrasi kependudukan, hingga sistem pelaporan yang terintegrasi. Inovasi ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat dalam mengakses pelayanan publik tanpa harus datang langsung ke kantor kelurahan.

Sementara itu, Camat Unaaha Asran Laloasa menyampaikan bahwa penerapan digitalisasi ini merupakan bentuk komitmen pemerintah daerah untuk mengikuti perkembangan teknologi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

“Kami berharap masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas ini dengan maksimal sehingga tercipta efisiensi waktu dan tenaga dalam proses pelayanan,” ungkapnya.

  • Bagikan