Tingkatkan Produksi Ternak Sapi, Disnakeswan Konawe Fokus Lakukan Inseminasi Buatan

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Kementerian Pertanian (Kementan) mengatakan, salah satu cara yang paling efektif dan cepat untuk meningkatkan produktivitas ternak adalah melalui Inseminasi Buatan (IB).

Untuk terus meningkatkan produktivitas ternak, Pemerintah Kabupaten Konawe terus berupaya meningkatkan sektor peternakan dengan mengimplementasikan program-program unggulan. Salah satu program yang menjadi fokus utama adalah Program Inseminasi Buatan (IB) dan penambahan bibit pakan.

Dalam upaya menjaga kelancaran program tersebut, petugas IB terus aktif melaksanakan tugas mereka dengan baik. Meskipun beberapa tenaga profesional telah pensiun, namun pemerintah tetap memanfaatkan pengalaman dan keahlian mereka dalam program ini.

“Kerja ini membutuhkan orang-orang yang profesional, oleh karena itu kami tetap mengandalkan jasa mereka,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Konawe, Jumrin.

Pengamanan ternak menjadi prioritas dengan melaksanakan kegiatan pemberian vaksin, vitamin, dan penyemprotan disinfektan. Program ini dilakukan setiap tahun untuk mencegah penyakit yang dapat menyerang ternak.

Dengan adanya program IB dan lainnya ini dapat memberikan dampak positif kepada peternak agar lebih semangat untuk memelihara sapi sehingga produktivitas ternak sapi pun meningkat.

  • Bagikan