Terima Hibah Barang Negara dari BWSS IV, Pemkot Kendari Bakal Optimalkan Pelayanan Air Bersih di Kota Kendari

  • Bagikan

Kendari, sibernas.id – Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup menerima kunjungan Pimpinan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sulawesi IV, Dinas PUPR Kota Kendari, serta PDAM Kota Kendari, berlangsung di ruang kerja Wali Kota Kendari, Rabu (3/7/2024)

Pertemuan ini dirangkaikan dengan penyerahan Hibah Barang Negara dari BWSS IV ke Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dalam audiensi ini, dibahas tentang strategi pemeliharaan dan pengembangan infrastruktur air bersih, pasca penyerahan aset tersebut.

Dikesempatan itu, Kadis PUPR Kota Kendari Erlis Sadya Kencana menyampaikan, sejumlah fasilitas PDAM yang sebelumnya dikelola oleh Balai Wilayah Sungai Sulawesi IV telah dialihkan kepemilikannya kepada Kota Kendari. Hal ini memungkinkan anggaran untuk pemeliharaan dan pengembangan infrastruktur tersebut dapat dialokasikan melalui APBD Kota Kendari, baik melalui Dinas PUPR maupun PDAM.

“Pemindahan kepemilikan ini strategis untuk memastikan keberlanjutan pelayanan air bersih kepada masyarakat,” ujarnya.

Dia menjelaskan bahwa, kepemilikan yang jelas atas infrastruktur ini memungkinkan integrasi yang lebih baik antara program-program dari pemerintah pusat melalui balai dengan program-program lokal di Kota Kendari.

“Tanpa kepemilikan yang jelas, kita tidak bisa melanjutkan perpipaan distribusi dan pemasangan pipa sambung rumah tangga yang diperlukan untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap air bersih,”katanya.

Selain itu, ia mengatakan, penerimaan yang positif dari Pj Wali Kota Kendari terhadap usulan ini mencerminkan komitmen kuat pemerintah daerah dalam memprioritaskan kebutuhan mendasar penduduk, terutama dalam hal penyediaan air bersih.

“Kebutuhan akan air bersih merupakan salah satu fokus utama di Kota Kendari, dan dengan langkah ini, kami berharap dapat menjaga keberlanjutan layanan tersebut,”pungkasnya.

Peningkatan infrastruktur air bersih tidak hanya akan meningkatkan kualitas hidup masyarakat secara langsung, tetapi juga memberikan dampak positif dalam hal kesehatan masyarakat dan pembangunan secara keseluruhan.

Sebagai hasil dari kerjasama antara balai dan pemerintah daerah, terciptalah jaringan pipa induk yang mendukung distribusi air bersih di Kota Kendari dengan lebih efisien.

  • Bagikan