Sekda Sultra Berikan Penghargaan Siddhakarya Tingkat Sultra kepada Enam Perusahaan

  • Bagikan

Kendari, Sibernas.id – Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Tenggara (Sultra) Asrun Lio resmi membuka acara Penganugerahan Siddhakarya Tingkat Sultra tahun 2024, berlangsung disalah satu Hotel di Kota Kendari, Senin, (23/9/2024).

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting, termasuk perwakilan dari Kementerian Tenaga Kerja RI, serta perwakilan dari beberapa instansi terkait, seperti Dinas Transmigrasi dan Tenaga Kerja, Dinas Koperasi dan UMKM, serta perwakilan dari Dinas Perindustrian dan Perdagangan di tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Dalam sambutannya, Sekda Sultra Asrun Lio menegaskan bahwa Penganugerahan Siddhakarya adalah bentuk apresiasi yang diberikan oleh pemerintah provinsi kepada perusahaan-perusahaan yang berhasil meningkatkan produktivitasnya selama tiga tahun berturut-turut. Penghargaan ini juga merupakan bagian dari program Sultra Produktif yang diinisiasi untuk memotivasi dunia usaha agar terus menerapkan prinsip-prinsip efektivitas, efisiensi, kualitas, serta kelestarian lingkungan dalam operasional mereka.

“Dalam era globalisasi, produktivitas menjadi faktor penentu dalam menghadapi persaingan yang semakin ketat, baik di tingkat nasional maupun internasional. Oleh karena itu, peningkatan produktivitas menjadi kunci dalam memperkuat daya saing perusahaan, menciptakan lapangan kerja, dan mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan,” ujarnya.

Penganugerahan Siddhakarya, yang diberikan setiap tahun genap, diharapkan dapat membangun kesadaran akan pentingnya produktivitas, terutama bagi pelaku usaha kecil, menengah, dan besar. Dengan adanya penghargaan ini, perusahaan diharapkan dapat terus memperbaiki kinerja mereka, tidak hanya untuk memperoleh keuntungan, tetapi juga untuk mendukung terciptanya budaya kerja yang produktif dan ramah lingkungan.

Enam perusahaan yang berhasil meraih penghargaan Siddhakarya tahun 2024 adalah CV. Jazirah Pangan Sejahtera, PT. Umi Minten, Indoherbal, CV. Kopindo Sukses Bersama, Koperasi Produsen Pondok Pesantren Al-Irsyad Konawe Selatan, dan Sultra Tenun. Mereka dinilai telah berhasil menunjukkan kinerja dan produktivitas terbaiknya serta menerapkan metode peningkatan produktivitas secara berkelanjutan.

Sekda Sultra juga menyampaikan harapannya agar penghargaan ini dapat memotivasi perusahaan-perusahaan lain untuk terus meningkatkan daya saing dan produktivitas mereka. Selain itu, penganugerahan ini juga membuka peluang bagi perusahaan-perusahaan di Sultra untuk bersaing di tingkat nasional dan meraih penghargaan Paramakarya yang diserahkan langsung oleh Presiden RI pada tahun ganjil.

Menutup sambutannya, Sekda Sultra memberikan apresiasi kepada para penerima penghargaan dan berharap agar pemerintah daerah serta instansi terkait terus memberikan dukungan dan pembinaan kepada perusahaan-perusahaan yang berpotensi untuk meningkatkan produktivitas di masa mendatang.

  • Bagikan