Raih 14 Medali, Tim Perkemi Kendari Juara Dua Umum Kejurnas Shorinji Kempo RUC Makassar

  • Bagikan
Ketua Perkemi Kendari, La Ode Lawama bersama para atlet Shorinji Kempo Sultra yang tergabung dalam Tim Perkemi Kendari

Sulsel, Sibernas.id – Tim Shorinji Kempo Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) berhasil meraih 14 medali pada kejurnas Shorinji Kempo Rektor Universitas Hasanuddin Cup (RUC) Makassar yang berlangsung 25-28 Mei 2023.

Ke-14 medali yang berhasil diraih atlet-atlet shorinji Kempo Sultra yang bergabung di Tim Kota kendari tersebut terdiri 8 medali emas, 4 medali perak dan 2 medali perunggu.

Medali emas pertama diraih pada kelas embu berpasangan kyu I atas nama ALDITIYA dan MUH FITRA FIRMANSYAH, emas kedua pada kelas embu berpasangan campuran kyu I atas nama RADIT FAHRESI dan HANA KHAERIAH, emas ketiga pada embu berpasangan putra kyu II atas nama AKMAL KAHAR dan MUH ANDRIYANTO, dan emas kempat pada embu beregu putra atas nama MUH ZAAT ABI WAKAS, ACHMAD DJIBRAN, ACHMAD DJILDAN dan AKMAL KAHAR.

Empat emas berikut yakni dari kategori randori atas nama RUSTAM kelas 65 kg putra, AWALUDDIN kelas 55 kg putra, ACHMAD DJILDAN kelas 50 kg pelajar, FADIYANI ZAHRA MAHARANI kelas 50 kg pelajar.

Selanjutnya 4 medali perak semuanya diraih dari kategori randori yakni LAODE M. ASNUR H kelas 70 kg ke atas putra, YAYU TRI AGUSTINA kelas 55 kg putri, FANI RAHMASARI kelas 50 kg putri, WA ODE SITTI SAPUTRIANI kelas 60 putri.

Raihan dua perunggu dari kelas embu yakni embu beregu campuran atas nama RADIT FAHREZI, FAAHRUL ARYA SAKTHI, HANA KHAERIAH, ALMAWATI, kemudian perunggu kedua embu berpasangan putri kyu 1 atas nama KIRANA FRED SARANANI dan SITTI ALIFIAH NUR KHANZA.

Raihan medali 8 emas, 4 perak damn 2 perunggu atau total point 186 tersebut sekaligus mengukuhkan bahwa tim Kota Kendari menjadi juara dua umum di bawah Kabupaten Sorong yang meraih 6 medali emas, 5 perak dan 9 perunggu total point 231.

Untuk diketahui, dalam kejuaraan itu perhitungan juara umum bukan berdasarkan peraih medali emas terbanyak, tetapi peraih point terbanyak yakni medai emas senilai 15 point, medali perak senilai 12 point dan medali perunggu senilai 9 point. Seandainya penentuan juara umum berdasar peraih medali emas terbanyak maka Kontingen Kota kendari yang menjadi juara umum.

Ketua Perkemi Kendari, La Ode Lawama, mengapresiasi atas prestasi luar biasa para atlet tersebut yang berhasil menyabet 14 medali bahkan menjadi peraih medali emas terbanyak di kejuaraan itu.

“Ini merupakan hasil dari kerja keras para atlet dibawah tempaan para pelatih. Juga berkat doa-doa warga Kendari khususnya yang mencintai olahraga Shorinji Kempo ini dan juga keikhlasan Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu saat melepas kontingen Kendari berlaga di Kejurnas RUC ini, termasuk suport dan dukungan penuh dari Ketua Perkemi Sultra Yudhianto Mahardika ,” kata Lawama yang merupakan anggota DPRD Kendari tersebut.

Hasil capaian itu kata Lawama, akan menjadi pemicu dalam mengembangkan olahraga Shorinji Kempo khususnya di Kota Kendari yang akan selalu bersinergi dengan Perkemi Sultra dan Pemkot Kendari.

Ketua Perkemi Sultra, Yudhianto Mahardika mengapresiasi atas raihan para atlet shorinji Kempo asal Sultra yang berlaga pada kejurnas tersebut.

“Saya sangat mengapresiasi atlet dengan hasil yang begitu luar biasa dan sebagian besar atlit yang turun ini atlet yang akan berlaga di Pra PON mendatang dan hasil yang begitu luar biasa ini. Saya selaku ketua umum Perkemi Sultra sangat yakin kalau Pra PON mendatang Sultra akan memboyong mendali,” kata Yudhianto yang ikut menyaksikan langsung laga final kejuaraan tersebut.

Dalam kejuaraan tersebut, atlet-atlet shorinji kempo asal Sultra terbagi ke dalam tiga tim yakni Tim Kota Kendari (8 emas, 4 perak, 2 perunggu), Tim UHO Kendari (1 perak, 2 perunggu), dan Tim Buton Utara (1 emas, 2 perunggu). Sehingga total medali yang diraih atlet-atlet asal sultra sebanyak 9 Medali emas, 5 perak dan 6 perunggu.

 

  • Bagikan