PT Antam UBPN Konut Gelar Upacara Peringati Bulan K3 Nasional 2023

  • Bagikan
Suasana PT Antam UBPN Konut saat menggelar upacara peringatan Bulan K3 Nasional tahun 2023

Konut, sibernas.id – PT Antam Tbk Unit Bisnis Pertambangan Nikel (UBPN) Konawe Utara (Konut) menggelar Upacara Peringatan Bulan Keselamatan dan Keselamatan Kerja (K3) Nasional 2023, di Desa Tapunopaka, Kecamatan Lasolo, Kamis (12/1/2023).

Pada Peringatan Bulan K3 Nasional 2023 ini, Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia (Kemenaker RI) mengangkat tema “Terwujudnya Pekerjaan Layak yang Berbudaya K3 Guna Mendukung Keberlangsungan Usaha di Setiap Tempat Kerja”.

Dalam sambutannya, Direktur Operasi dan Produksi PT ANTAM Tbk, I Made Wirantaya yang dibacakan oleh Business Support Senior Manager PT Antam UBPN Konut Muhammad Rusdan menekankan, K3 merupakan aspek penting dan menjadi hak dasar dalam menjalankan pekerjaan dengan melakukan upaya pengendalian seluruh potensi bahaya sampai level yang dapat dikendalikan.

“Pengendalian risiko ini untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman, nyaman, sehat dan produktif dan merupakan upaya perbaikan yang berkelanjutan,”ujarnya.

Tambah dia, Bulan K3 Nasional ini adalah momen penting PT Antam melibatkan seluruh stakeholder untuk melaksanakan improvement atas pembelajaran kecelakaan tambang dari perusahaan lain maupun dari internal PT Antam sendiri.

Ia juga menyampaikan apresiasi kepada semua insan PT Antam, atas torehan dua tahun pencapain zero fatality. Namun mengingatkan dan tetap memperhatikan bahwa selama kurun waktu 2022 telah terjadi kecelakaan ringan dan kecelakaan berakibat berat yang sebagian besar diakibatkan oleh kurangnya pemahaman pekerja terhadap potensi bahaya dan risiko pekerjaan.

“Karenanya budaya keselamatan dan Kesehatan kerja (K3) menjadi keharusan untuk dilaksanakan sehingga kita dapat meminimalisir dan mencegah terjadinya kecelakaan serta penyakit akibat kerja,” tegasnya.

Terpisah, General Manager PT Antam UBPN Konut, Hendra Wijayanto yang juga selaku Kepala Teknik Tambang (KTT), secara khusus berharap semoga kegiatan penambangan PT Antam Tbk UBPN Konut tetap berada pada kondisi zero accident dengan secara konsisten menjalankan pekerjaan dengan mengutamakan K3.

“Menjalankan pekerjaan sesuai dengan standar dan prosedur sehingga target pekerjaan tercapai, tenaga kerja sehat dan selamat serta memberikan kontribusi positif bagi perusahaan,”ujarnya.

Untuk diketahui, moment perayaan Bulan K3 Nasional 2023 yang dilaksanakan oleh PT Antam UBPN Konut itu sendiri diantaranya kegiatan promosi dan kampanya K3 berupa sebaran spanduk, umbul umbul dan baliho serta kampanye digital, kegiatan implementatif berupa safety patrol secara rutin, kegiatan donor darah, dan kegiatan sosialisasi refresh budaya K3.

  • Bagikan