Potret Pantai Nambo Yang Jadi Obyek Wisata Andalan Kendari

  • Bagikan
Pintu Gerbang Objek Wisata Pantai Nambo

Kendari, Sibernas.id – Pantai nambo yang terletak di Kecamatan Nambo, masih menjadi obyek wisata andalan bagi masyarakat yang ada di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra).

Wisatawan yang datang di pantai ini tidak hanya wisatawan lokal, tetapi wisatawan asing juga singgah menikmati keindahannya. Dengan beragam fasilitas dan pesona yang dimiliki pantai Nambo, sangat cocok dijadikan tempat berlibur bersama keluarga, teman, dan kerabat.

Fasilitas-fasilitas yang ada di pantai Nambo sudah cukup memadai, seperti banyaknya penginapan-penginapan dengan harga yang bervariasi, warung makan, toilet umum, gazebo-gazebo yang berdiri disepanjang pantai, dan tempat parkir yang luas. Semua fasilitas itu tertata sangat apik, termasuk papan penunjuk arah bagi para wisatawan, sehingga wisatawan yang baru kesana akan sangat terbantu. Tersedia pula panggung pertunjukkan dan gedung pertemuan dimana Pantai Nambo Selalu mengadakan Festival Pantai Nambo.

Di pantai ini wisatawan bisa melakukan aktivitas di pantai seperti bersantai, bermain voli pantai, berenang, berjalan-jalan menelusuri tepian pantai dan berjemur di bawah sinar matahari.

Fasilitas gasebo di objek Wisata Pantai nambo

Hal ini agar pengunjung dapat menikmati keindahan Pantai Nambo dengan tenang dan nyaman selain itu lokasi wisata terus dipelihara agar tetap bersih dari kotoran serta keamanan tempat parkir dijaga dan menjadi perhatian utama pengelola demi kenyamanan para pengunjung.

Pj Wali Kota Kendari, Asmawa Tosepu, Sabtu (27/5/23)  mengatakan pemerintah Kendari terus menambah dan membenahi fasilitas pendukung yang ada di kawsan obyek wisata tersebut.

“Pembenahan yang kami lakukan agar tempat itu kelihatan indah dan bisa menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke lokasi itu,” katanya.

Panggugn pertunjukan di Kawasan Pantai nambo

Ia mengatakan, Pantai Nambo adalah sebuah pantai indah yang jaraknya 12 km dari Kota Kendari, merupakan salah satu dari berbagai potensi wisata bahari dan budaya yang dimiliki daerah itu.

“Pantai Nambo adalah sebuah pantai indah yang jaraknya ditempuh sekitar 15 menit kearah selatan Kota Kendari dari pusat Pemerintahan Kota dengan menggunakan kendaraan roda dua atau roda empat,” katanya.

Bahkan, bisa ditempuh menggunakan perahu tradisional ketinting (kole-kole) sekitar 15 menit dari pelabuhan Nusantara Kota Kendari menyusuri teluk Kendari.

Pantai Nambo

Pantai Nambo diminati banyak pengunjung karena letaknya yang relatif dekat, selain itu memiliki pasir putih yang landai suasana yang tenang, udara yang sejuk dan panorama yang menakjubkan sehingga tempat ini selalu merupakan pilihan masyarakat Kota Kendari untuk melepas kejenuhan dan rutinitas sehari-hari pada akhir pekan.

“Wilayah Pantai Nambo yang mudah dijangkau, baik masyarakat setempat maupun masyarakat Kota Kendari menjadikan Pantai Nambo selalu dipenuhi wisatawan, terutama pada Hari Sabtu dan Minggu dan hari-hari libur lainnya,” katanya.

Adapun biaya masuk berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2012, Retribusi Objek Wisata Pantai Nambo sebagai berikut:

– Motor (roda dua) Rp5 ribu

– Mobil (roda empat) Rp20 ribu.

Kagiatan Fatival Pantai Nambo

Lalu, Berdasarkan Peraturan Wali Kota Nomor 24 Tahun 2017:

– Karcis dewasa Rp6 ribu

– Karcis Anak-Anak Rp 4 ribu

– Penyewaan Gazebo Rp 100 ribu.

Biaya diatas digunakan sebagai PAD dan juga sebagai biaya pemeliharaan pantai, baik dari segi kebersihan maupun sebagai biaya penataan Pantai Nambo, karena kedepannya akan ada tambahan fasilitas maupun penambahan bangunan baru.

Untuk itu, sebagai masyarakat Kota Kendari marilah kita melestarikan potensi wisata dan keindahan alam yang kita miliki, untuk menciptakan Kota Kendari yang layak huni.(ADV)

  • Bagikan