Pj Bupati Konawe Harmin Ramba Canangkan PIN Polio 2024 di SDN 1 Wawotobi

  • Bagikan

Konawe, Sibernas.id – Pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio tahun 2024 serentak dilaksanakan pada Selasa ( 23/7/24), pelaksanaan tingkat Kabupaten Kabupaten Konawe berlangsung di SDN 1 Wawotobi.

Pencanangan ini dilakukan langsung oleh Pejabat (Pj) Bupati Konawe Dr H Harmin Ramba SE,.MM, dan dihadiri sejumlah Kepala OPD serta unsur Forkopimda.

Pencanangan itu ditandai dengan pelepasan balon PIN ke udara oleh Harmin Ramba yang dan penetesan dua tetes vaksin volio pada sejumlah anak yang dilakukan oleh Harmin Ramba.

Menurut Pj Bupati Harmin Ramba pemberian vaksin polisi menjadi penting, untuk antibodi terhadap puluhan ribu anak di Kabupaten Konawe. “Masyarakat semakin sadar pentingnya imunisasi bagi anak,” kata Harmin Ramba.

Pada acara PIN Polio, Ibu-Ibu di Kecamatan wawotobi sedari pagi rela mendampingi putra-putrinya untuk  mendapatkan novel oral polio vaksin tipe 1 (nOPV1) itu. Kanda Pj Bupati mengacungkan jempol jari tangannya atas kepedulian orang tua membentengi anak-anak mereka dari paparan virus polio.

Virus polio diketahui dapat memicu cedera saraf dengan risiko menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernapas, hingga kematian.

“Sasaran sub PIN Poliodi Konawe sebanyak 80.206 anak usia 0 sampai 8 tahun kurang satu hari,” terang Pj Bupati

Lebih lanjut Pj Bupati Konawe, pada kesempatan itu menyampaikan himbauannya,  “Ibu-ibu semua yang punya bayi dan balita usia 0 sampai 7 tahun jadi kurang dari 8 tahun silahkan semuanya harus dapat vaksin polio yang kali ini kami laksanakan serentak, vaksin polio yang sekarang diberikan ini, Insya allah aman dan halal. Lindungi putra putri kita dari virus polio tipe Pertama yang mana belum didapatkan pada vaksin polio yang selama ini diberikan di posyandu, jadi semua harus dapat jangan takut pastikan putra putri kita terlindungi dari virus polio,” ucapnya

Imunisasi dapat didapatkan masyarakat secara gratis di fasilitas layanan kesehatan seperti puskesmas, puskesmas pembantu, posyandu, satuan pendidikan seperti PAUD, TK, SD/sederajat serta pos imunisasi lainnya di bawah koordinasi Puskesmas.

“Untuk PIN Polio, Pemerintah Kabupaten Konawe menyiapkan 191 pos pelayanan vaksin polio di puskesmas, posyandu, dan sekolah. Pelaksanaan imunisasi berlangsung hingga 25 September mendatang yang digelar serentak di 28 Kecamatan . “Di Konawe, tidak ditemukan kasus polio,” jelas Pj Bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe, Mawar Taligama, menjelaskan vaksin oral polio penting untuk membentuk imunitas bagi anak-anak. Tujuannya agar mereka tidak terjangkit penyakit yang menyebabkan kelumpuhan karena menyerang otot syaraf.

‘’Kami berharap tingkat partisipasinya lebih dari 90 persen,” ujarnya.

Dinas Kesehatan Kabupaten Konawe menggelar rakor pelaksanaan pekan imunisasi nasional (PIN). Kegiatan PIN melibatkan semua unsur, terutama peran penting orang tua anak (Balita)

“Alhamdulillah untuk Kasus polio di kabupaten konawe ini, tidak pernah ditemukan pada akhir 2023,  Polio adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus yang menular. Paparan virus ini memicu cedera saraf yang berisiko menyebabkan kelumpuhan, kesulitan bernapas, hingga kematian,” pungkas Harmin.

  • Bagikan